ICW Sentil KPK Ubah Struktur Organisasi

    Fachri Audhia Hafiez - 18 November 2020 18:58 WIB
    ICW Sentil KPK Ubah Struktur Organisasi
    Ilustrasi KPK. Medcom.id/Fachri Auhdia Hafiez
    Jakarta: Indonesia Corruption Watch (ICW) mengkritik kebijakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengubah struktur organisasi internal. Lembaga Antikorupsi menambah belasan jabatan baru.

    "Mestinya saat ini KPK memfokuskan pada perbaikan kinerjanya sendiri," kata peneliti ICW Kurnia Ramadhana dalam keterangan tertulis, Rabu, 18 November 2020.

    KPK mestinya memperbaiki kinerja internal ketimbang merombak susunan internal. Efektivitas 'penggemukan' struktur organisasi juga dipertanyakan.

    Kurnia menilai produk hukum internal KPK rentan dibatalkan bila diajukan uji materi ke Mahkamah Agung (MA). Sebab, aturan tersebut dinilai bertentangan dengan Undang-undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK.

    (Baca: KPK Sebut Restrukturisasi Organisasi Bagian Strategi Pemberantasan Korupsi)

    Bidang-bidang organisasi KPK masih serupa seperti Pasal 26 UU KPK Nomor 30 Tahun 2002 atau sebelum direvisi. Bidang itu yakni Bidang Pencegahan, Bidang Penindakan, Bidang Informasi dan Data, serta Bidang Pengawasan Internal dan Pengaduan Masyarakat.

    "Perkom Nomor 7 Tahun 2020 malah terdapat beberapa penambahan seperti Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat, dan Bidang Koordinasi dan Supervisi. Ini sudah terang benderang bertentangan dengan UU KPK," tutur Kurnia.

    KPK mengeluarkan Peraturan Komisi Pemberantasan Korupsi (Perkom) Nomor 7 Tahun 2020 tentang Organisasi dan Tata Kerja KPK. Peraturan itu termaktub restrukturisasi organisasi internal.

    Perubahan struktur ini menambah belasan jabatan baru di Komisi Antirasuah. Selain itu, nomenklatur beberapa jabatan berubah bahkan dihilangkan dari peraturan sebelumnya yakni Perkom Nomor 03 Tahun 2018 tentang Organisasi dan Tata Kerja KPK.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id