Delapan Penyidik KPK Raih Penghargaan dari Amerika

    Juven Martua Sitompul - 26 Februari 2019 14:54 WIB
    Delapan Penyidik KPK Raih Penghargaan dari Amerika
    Wakil Ketua KPK Laode M Syarif dan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R Donovan Jr - Medcom.id/Juven Martua Sitompul.
    Jakarta: Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R Donovan Jr, menyambangi Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kedatangannya untuk memberi penghargaan kepada delapan penyidik yang mengusut kasus megakorupsi KTP-el, sekaligus berdialog dengan pimpinan KPK terkait pencegahan tindak pidana korupsi di negara masing-masing.

    "Dan yang salah satunya paling penting menyerahkan penghargaan kepada delapan penyidik dan jaksa atas kerja sama yang baik dengan FBI (Federal Bureau of Investigation) dan Department of Justice di Amerika Serikat dalam pengusutan kasus KTP-el," kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarief di Gedung KPK, Jakarta, Selasa, 26 Februari 2019.
    Syarief mengaku aset yang berkaitan dengan tindak pidana korupsi KTP-el di Amerika Serikat sudah teridentifikasi. Hanya saja, KPK masih memproses pengalihan aset hasil korupsi KTP-el dari Amerika ke Indonesia.

    Diduga, aset tersebut milik almarhum konsultan PT Biomorflone Indonesia, ‎Johannes Marliem. Sebelum meninggal dunia, nama Johannes Marliem memang kerap disebut dalam penyidikan atau persidangan kasus KTP-el.

    (Baca juga: Johannes Marliem Sempat Menyambut Baik Tawaran LPSK)

    "Dan salah satu itu (aset Johannes Marliem di Amerika) yang kami diskusikan dan yang saya kerjakan sekarang," ‎imbuh dia. 

    KPK menyerahkan pengusutan kematian salah satu satu saksi kunci kasus KTP-el, Johannes Marliem, di Amerika Serikat ke FBI dan pihak otoritas Amerika Serikat. "Kalau soal kematiannya yang bersangkutan itu adalah kewenangan dari FBI dan polisi di Amerika Serikat," ujarnya.

    Donovan mengatakan pihaknya merasa terhormat bisa mengunjungi KPK. Dia juga mengapresiasi kinerja KPK dalam memberantas praktik rasuah di Indonesia. 
     
    "Jadi, hari ini kami datang untuk mengakui dan memuji kerja yang luar biasa dan sulit dari KPK yang sangat dihormati di Indonesia," kata Donovan.

    Menurut Donovan, pihaknya sangat menghormati kerja sama yang dibangun dengan lembaga antirasuah. Semangat kerja KPK dinilai luar biasa oleh pihak Amerika.

    "Kami ingin mengakui semangat komitmen dan upaya yang luar biasa yang dicurahkan oleh para penyidik, penyelidik, jaksa penuntut dan spesialis kerja sama di KPK," pungkas dia. 
     



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id