Ace: Robertus Robet Tidak Menghina TNI

    Ilham Pratama Putra - 08 Maret 2019 15:34 WIB
    Ace: Robertus Robet Tidak Menghina TNI
    Jubir TKN Ace Hasan Syadzily/Medcom.id/Ilham Pratama
    Jakarta: Juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Ace Hasan Syadzily tak melihat unsur penghinaan dari kasus Robertus Robert. Dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) itu ditangkap polisi karena dalam potongan video aksi Kamisan menyanyikan pelesetan Mars ABRI.

    "Tidak (menghina). Kalau bisa (laporan) dicabut karena itu bagian dari upaya kita untuk melakukan pendekatan yang lebih demokratis terhadap konteks negara kita. Dan yang kedua, kita juga harus lihat secara utuh dari video tersebut," kata Ace di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, 8 Maret 2019.

    Baca: Polisi Selisik Penyebar Video Robertus Robet

    Menurut Ace, nyanyian itu hanya kritikan. Bahkan, pada 1998, Ace ikut menolak dwifungsi ABRI yang tergambar pada lagu tersebut.

    "Saya teringat dulu waktu 1998, kita hampir semua menyanyikan yang disampaikan Robertus Robert itu. Jadi menurut saya tidak ada aspek yang mengandung unsur penghinaan terhadap lembaga itu," beber Ace.

    Dia meminta semua pihak melihat konteks keseluruhan video Robertus Robet. Robet hanya bermaksud mengingatkan.

    "Di mana TNI harus tetap kembali kepada peran dan fungsinya sebagai penjaga pertahanan negara, tidak ke dalam dunia politik," kata Ace.

    Baca: Kriminalisasi Robertus Robet Dinilai Berlebihan

    Robertus Robet ditangkap di rumahnya sekitar pukul 23.45 WIB, Rabu, 6 Maret 2019. Ia dibawa ke Mabes Polri atas tuduhan melanggar Undang-undang ITE. Meski diizinkan pulang, Robet masih harus berurusan dengan Direktorat Siber Bareskirm Mabes Polri.

    Robet dituding melanggar Pasal 45 ayat (2) Jo Pasal 28 ayat (2) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009 tentang ITE dan atau Pasal 14 ayat (2) jo Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan/atau Pasal 207 KUHP.



    (OJE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id