comscore

3 Terduga Teroris di Kalteng Berencana Melakukan Aksi Teror

Siti Yona Hukmana - 23 Desember 2021 16:07 WIB
3 Terduga Teroris di Kalteng Berencana Melakukan Aksi Teror
Ilustrasi Medcom.id.
Jakarta: Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap tiga terduga teroris AZE, RT, dan MS di Kalimantan Tengah (Kalteng) pada Selasa, 21 Desember 2021. Mereka berencana melakukan aksi teror di Tanah Air.

"Hasil pemeriksaan, pelaku teror sedang merencakan pembelian senjata dengan persiapan pelatihan fisik militer dan menembak. Serta di dalam penyelidikan dan penyidikan, Densus menemukan perencanaan yang dilakukan kelompok ini dalam melakukan aksi teror Tanah Air," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Kamis, 23 Desember 2021.

 



Ramadhan mengatakan ketiganya merupakan kelompok teroris jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) di Kota Waringin Timur, Kalteng. Mereka ditangkap atas pengembangan tersangka N alias R, yang lebih dulu ditangkap.

"N alias R merupakan jaringan JAD, yang berperan aktif sebagai perekrut anggota baru dalam jaringan teroris JAD," ujar Ramadhan.

Ramadhan menyebut N alias R juga terhubung dengan daftar pencarian orang (DPO) teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) di Poso. N alias R belajar materi tentang bahan peledak secara otodidak.

"Kemudian, diketahui N alias R dan kawan-kawan di Kalimantan tergabung dalam pendukung JAD dan mendukung jaringan teroris ISIS," kata Ramadhan.

Densus menangkap AZE, MS, dan RT berbekal keterangan N alias R. AZE diringkus di Kecamatan Ketapang, Kabupaten/Kota Waringin Timur, Kalteng, pukul 20.25 WIB pada Selasa, 21 Desember 2021.

Baca: 1 Terduga Teroris Ditangkap di Kalsel Pesilat Berprestasi

AZE berperan melakukan latihan bersama dengan MS. AZE juga membuat dan menjadi admin dalam WhatsApp Group (WAG). Mereka memiliki dua WAG sebagai wadah saling bertukar informasi.

"(AZE) juga memberikan tutorial dan info terhadap kegiatan jaringan JAD. Ini kita dapat dari pemeriksaan dan pengakuan yang diberikan beberapa pelaku sebelumnya," kata Ramadhan.

Lalu, terduga teroris RT ditangkap di sebuah toko oleh-oleh daerah Mentawa Hulu Ketapang, Kabupaten Waringin Timur, Kalteng, pada hari yang sama. RT tergabung dengan kelompok teroris jaringan JAD dan berperan sebagai admin salah satu media sosial

"Grup ini sarana memberikan informasi," ucap Ramadhan.

Sedangkan, terduga teroris MS ditangkap di Hotel Hawai Kota Palangka Raya, Kalteng, pukul 21.07 pada hari yang sama. MS tergabung dengan JAD dan anggota grup WhatsApp tersebut.
 
"MS berperan sebagai pendorong untuk melakukan pembelian senjata dan MS menyatakan siap menjadi eksekutor dalam melakukan kegiatan teror. MS juga bersama-sama melakukan pelatihan atau idad dengan AZE," beber Ramadhan.

(JMS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id