comscore

Anggota Operasi Damai Cartenz Diinstruksikan Tak Menangkap KKB

Kautsar Widya Prabowo - 21 Januari 2022 10:02 WIB
Anggota Operasi Damai Cartenz Diinstruksikan Tak Menangkap KKB
Wadansat Brimob Polda Papua AKBP Benny Ady Prabowo/Medcom.id/Kausar
Jayapura: Wadansat Brimob Polda Papua AKBP Benny Ady Prabowo menginstruksikan seluruh anggota Operasi Damai Cartenz 2022 tidak melakukan tindakan ofensif terhadap kelompok kriminal bersenjata (KKB). Operasi tersebut harus menciptakan rasa aman dan damai di Bumi Cenderawasih.

"Jadi hilangkan pemikiran rekan-rekan (personel Damai Cartenz) saya mau menangkap pelaku tindak pidana kriminal bersenjata di Papua," ujar Benny kepada Medcom.id, di Mapolres Jayapura, Kamis, 20 Januari 2022. 

 



Benny meminta personel Operasi Damai Cartenz melindungi anggota polres dan polda yang melakukan pembinaan kepada masyarakat. Sehingga, dapat menekan jatuhnya korban baik dari anggota polisi dan masyarakat sekitar. 

Baca: Operasi Damai Cartenz Diyakini Bakal Membuat KKB Keluar dari Persembuyian

"Tidak melakukan pengejaran dan patroli. Jadi rekan-rekan bersama dari rekan-rekan satuan kewilayahan melakukan pembinaan masyarakat, sifatnya ini operasi lebih pada pendekatan damai," kata Benny. 

Selain itu, Operasi Damai Cartenz memiliki misi pendekatan persuasif terhadap anggota KKB. Cara tersebut dinilai membuat anggota KKB kembali ke masyarakat secara normal. 

"Orang-orang yang masih berpikiran berseberangan dengan pemerintah Republik Indonesia untuk bisa sadarkan, bahwa mereka bagian daripada masyarakat Indonesia, mereka adalah saudara sama seperti yang lainnya kita Bangsa Indonesia," kata Benny.

Polri mengganti nama Operasi Nemangkawi menjadi Damai Cartenz 2022 untuk menangani KKB di Papua. Sebanyak 1.925 aparat gabungan dilibatkan dalam operasi tersebut. 

Para personel terdiri atas 1.824 anggota Polri dan 101 anggota TNI. Dari 1.824 personel Polri itu, sebanyak 528 berasal dari Polda Papua dan 1.296 orang dari Mabes Polri.  Operasi Damai Cartenz 2022 dilaksanakan mulai 17 Januari sampai 31 Desember 2022.

(ADN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id