Awas Pinjol Ilegal, Ini Cara Mengetahuinya

    Theofilus Ifan Sucipto - 15 Oktober 2021 16:58 WIB
    Awas Pinjol Ilegal, Ini Cara Mengetahuinya
    Ilustrasi Medcom.id.



    Jakarta: Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengimbau masyarakat menggunakan pinjaman online (pinjol) legal. Sejauh ini, ada lebih dari 100 pinjol legal yang terdaftar di OJK.

    "Pilihlah yang terdaftar di OJK, ada di situs kami ada 107 (pinjol legal)," kata Wimboh di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat, 15 Oktober 2021.

     



    Wimboh mengatakan masyarakat juga bisa mengecek profil pinjol legal. Pinjol tersebut wajib tergabung dalam asosiasi financial technology (fintech).

    Asosiasi tersebut berperan membina pelaku pinjol agar beroperasi sesuai peraturan. Terpenting, tidak mencekik masyarakat yang menggunakan jasa mereka.

    "Bagaimana bisa lebih efektif, memberi pinjaman murah, cepat, dan tidak menimbulkan ekses penagihan yang melanggar kaidah dan etika," kata dia.

    Baca: Bidik Pinjol Ilegal, Polda Metro Tingkatkan Patroli Siber

    Wimboh mafhum pinjol menjadi primadona bagi sebagian masyarakat. Sebab, fasilitas itu bisa membantu keuangan dengan cepat dan luas.

    Fenomena tersebut, kata Wimboh, kerap dimanfaatkan pihak-pihak nakal. Mereka membuat pinjol ilegal dengan iming-iming cepat dan bunga rendah padahal sebaliknya.

    "Harus jadi perhatian jangan sampai masyarakat terganggu dan tidak paham tentang (mekanisme) pinjaman online," kata dia.

    Sementara itu, Wimboh mengapresiasi 107 pinjol legal yang sudah beroperasi. OJK bakal mendorong pinjol itu agar tetap memberi pelayanan yang lebih baik dan suku bunga yang lebih murah.

    "Supaya tidak menimbulkan ekses di lapangan," ucap Wimboh.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id