comscore

KPK Bantu Kejagung Tangkap Buron Kasus Korupsi Rp18,5 M

Candra Yuri Nuralam - 09 Desember 2021 16:12 WIB
KPK Bantu Kejagung Tangkap Buron Kasus Korupsi Rp18,5 M
KPK membantu Kejagung menangkap buron kasus korupsi. DOK Istimewa
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membantu Kejaksaan Agung menangkap buron kasus korupsi, Deni Gumelar, hari ini, 9 Desember 2021. Deni merupakan terpidana kasus korupsi dalam proyek pembangunan pabrik bentonite full aktivasi pada Perusahaan Daerah Agrobisnis dan Pertambangan Jawa Barat Tahun 2000-2001.

"Direktorat Koordinasi dan Supervisi Wilayah II KPK bersama Tim Gabungan Kejaksaan Tinggi Jawa Barat telah melakukan penangkapan terhadap DPO atas nama Deni Gumelar yang dinyatakan terbukti bersalah berdasarkan putusan Mahkamah Agung Nomor: 1132 K/PID/2005 tanggal 14 Oktober 2005 yang berkekuatan hukum tetap," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, Kamis, 9 Desember 2021.
Deni ditangkap sekitar pukul 09.00 WIB. Dia ditangkap dalam perjalanan menggunakan kereta api menuju Soreang, Bandung. Tim KPK sudah mengintai Deni dari Malang.

"Serta selanjutnya diamankan di kantor Kejaksaan Tinggi Jawa Barat untuk dilakukan eksekusi di Rutan Kebon Waru Kota Bandung," ujar Ali.

Dalam kasus ini, Deni divonis penjara tiga tahun dan denda Rp50 juta. Dia juga diwajibkan membayar uang pengganti Rp8,44 miliar. Dalam kasus ini, negara merugi Rp18,57 miliar.

"KPK memfasilitasi pencarian DPO ini melalui rapat koordinasi dengan Kejaksaan Tinggi Jawa Barat sejak 15 April 2021," tutur Ali.

Baca: Buron Kasus Korupsi yang Rugikan Negara Rp21 Miliar Ditangkap
 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id