Saut Sebut Anggaran KPK Masih Minim

    Kautsar Widya Prabowo - 08 Desember 2019 14:09 WIB
    Saut Sebut Anggaran KPK Masih Minim
    Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang. Foto: Medcom.id/Kautsar Widya
    Jakarta: Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang menyebut anggaran Lembaga Antirasuah sangat minim. Anggaran Rp922,6 miliar dinilai tak sebanding dengan tugas dan tanggung jawab KPK menjaga APBN 2020 sebesar Rp2.233,2 triliun. 

    "Kalau ditanya berapa yang pas, 0,2 persen (Rp4,46 triliun dari APBN 2020)," ujar Saut dalam diskusi Crosscheck by Medcom.id bertajuk 'Hentikan Diskon Hukuman Koruptor' di Upnormal Coffee and Roasters, Jalan Wahid Hasyim, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu, 8 Desember 2019.

    Saut berharap pemerintah dan DPR mau menaikkan kembali anggaran KPK. Anggaran yang minim dapat berimbas terhadap kinerja KPK. 

    Saut juga menyoroti jumlah sumber daya manusia (SDM). Saut menyebut KPK hanya memiliki 200 pegawai yang harus menangani 7 ribu pengaduan. Dari laporan pengaduan tersebut, 30 persen berpotensi terbukti ada rasuah.

    "Selama KPK berdiri, baru kurang dari 1 ribu orang yang dipenjara. Harusnya memenjarakan satu hari lima orang. Jadi dikit juga yang ditindak pidana," tuturnya.

    Badan Anggaran (Banggar) DPR menyetujui anggaran yang diajukan pemerintah untuk KPK. Dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2020, anggaran KPK ditetapkan sebesar Rp922,6 miliar. Anggaran tersebut naik 13,4 persen dibandingkan pada 2019 yang hanya Rp813,5 miliar. 



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id