KPK Serahkan Aset Rampasan Kasus Korupsi ke Kejagung

    Sunnaholomi Halakrispen - 24 Juli 2018 15:04 WIB
    KPK Serahkan Aset Rampasan Kasus Korupsi ke Kejagung
    Jaksa Agung M Prasetyo (tengah) menerima aset rampasan kasus korupsi dari KPK. Foto: Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen.
    Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyerahkan aset rampasan dari kasus korupsi kepada Kejaksaan Agung (Kejagung). Aset yang diberikan berupa mobil hingga rumah. 

    Jaksa Agung HM Prasetyo menerima langsung aset itu dari Ketua KPK Agus Rahardjo dan Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo. Dia menilai langkah ini adalah hal  positif.

    "Pertama, berdampak berkurangnya biaya yang harus dikeluarkan oleh negara untuk melakukan perawatan-perawatan barang rampasan," kata Prasetyo di Sasana Pradana Kejagung, Jalan Sultan Hasanuddin No 1, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa, 24 Juli 2018.

    Menurut dia, aset ini juga membantu penyediaan sarana dan prasarana Kejagung. Dengan fasilitas ini, negara bisa menghemat Rp3,5 miliar untuk pengadaan sarana dan prasarana Kejagung. 

    Sementara itu, Agus Rahardjo mengatakan pengerahan aset tersebut dilakukan setelah ada putusan inkrah. Aset diserahkan kepada instansi yang membutuhkan sesuai izin Kementerian Keuangan.

    "Kami sangat mendukung kalau itu utamanya untuk teman-teman penegak hukum seperti Kejaksaan Agung," tutur Agus.

    Ia mengatakan ada empat unit mobil yang diserahkan dari kasus mantan Kepala Korps Lalu Lintas Polri Inspektur Jenderal Djoko Susilo dan mantan Bupati Bangkalan Fuad Amin. Mobil itu akan dimanfaatkan sebagai kendaraan operasional kejaksaan negeri (Kejari) di beberapa wilayah.

    Baca: Hari Bhakti Adhyaksa, Jaksa Agung Ziarah ke TMP Kalibata

    Satu unit mobil Toyota Fortuner, satu Toyota Kijang Innova, satu mobil Isuzu akan digunakan sebagai kendaraan operasional Kejari Magetan, Jawa Timur. Satu mobil Hyundai digunakan untuk Kejari Bangkalan, Jawa Timur.

    Dari kasus mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar, KPK menyita tanah dan bangunan di Jalan Pancoran Indah 3 No 8, Jakarta Selatan. Bangunan itu akan dimanfaatkan sebagai rumah dinas wakil kepala Kejaksaan Tinggi (wakajati) DKI Jakarta.



    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id