MA Diminta Fasilitasi Persidangan Terbuka Sepanjang Pandemi

    Fachri Audhia Hafiez - 14 Mei 2020 10:17 WIB
    MA Diminta Fasilitasi Persidangan Terbuka Sepanjang Pandemi
    Ilustrasi: Medcom.id
    Jakarta: Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta mendorong Mahkamah Agung (MA) membuka akses publik di sejumlah pengadilan. Persidangan melalui platform daring di tengah wabah virus korona (covid-19) dinilai masih terbatas.

    "Agar publik dapat menyaksikan dan menyimak jalannya persidangan," kata pengacara publik LBH Jakarta Rasyid Ridha dalam keterangan tertulis, Kamis, 14 Mei 2020.

    Menurut dia, layanan pengadilan secara daring telah tertuang dalam Surat Edaran MA (SEMA) Nomor 1 Tahun 2020, SEMA Nomor 2 Tahun 2020, SEMA Nomor 3 Tahun 2020, dan Surat Direktur Jenderal (Dirjen) Badan Peradilan Umum Nomor 379/DJU/PS.00/3/2020. Aturan ini menjadi pedoman pelaksanaan tugas dan layanan publik, termasuk penyelenggaraan pemeriksaan di pengadilan.

    Rasyid menjelaskan persidangan secara daring masih terbatas kepada pihak yang berperkara.  Publik tidak memiliki akses untuk menyimak jalannya persidangan.

    Putusan pengadilan berpotensi batal demi hukum akibat terbatasnya akses ini. Hal ini meningat putusan pengadilan hanya sah dan mempunyai kekuatan hukum apabila diucapkan dalam sidang terbuka untuk umum.

    Rasyid menjelaskan pelaksanaan persidangan terbuka untuk umum penting karena bagian dari transparansi. Hal ini  juga sebagai upaya melaksanakan amanat due process of law yakni penegakan hukum yang benar dan adil. 

    Baca: Syarifuddin Diharap Membuat KY dan MA Harmonis

    Transparansi membuat publik dapat mengawasi persidangan, menyimak fakta hukum, dan meminimalisasi intrik mafia peradilan. Selain itu, publik bisa mengawasi potensi intervensi jalannya pemeriksaan perkara yang berujung pada putusan yang tidak adil bagi pencari keadilan.

    "Untuk itu diperlukan penerbitan perangkat kebijakan beserta infrastruktur yang memadai di tiap-tiap badan peradilan di bawah MA demi memaksimalkan keterbukaan proses persidangan secara online ini," tutur Rasyid.



    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id