Tiga Instruksi Kapolri Usai Pengeboman Makassar

    Theofilus Ifan Sucipto - 30 Maret 2021 17:04 WIB
    Tiga Instruksi Kapolri Usai Pengeboman Makassar
    Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Argo Yuwono (kanan). Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo.



    Jakarta: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengeluarkan tiga instruksi bagi jajarannya pascapengeboman di Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan. Instruksi ini tertuang dalam surat telegram (TR), Minggu, 28 Maret 2021.

    "Ada tiga poin yang diperintahkan Pak Kapolri," kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono saat dihubungi, Selasa, 30 Maret 2021.






    Perintah pertama, melakukan pengamanan terbuka dan tertutup pada tempat ibadah dan objek pengamanan lainnya. Pengamanan terbuka ialah dilakukan personel Polri menggunakan baju dinas, sedangka pengamanan tertutup adalah kegiatan mendeteksi potensi aksi teror.

    Instruksi kedua, meminta jajarannya berkoordinasi dengan pemangku kepentingan dalam mengamankan situasi. Instruksi terakhir, melibatkan masyarakat untuk menjaga keamanan.

    "Kapolri menginstruksikan agar meningkatkan partisipasi warga," ujar jenderal bintang dua itu.

    Baca: Polri: Bom Bunuh Diri Makassar Sudah Direncanakan

    Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD meminta TNI dan Polri memperketat pengamanan di rumah ibadah dan tempat keremaian. Hal itu sebagai tindak lanjut bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu, 28 Maret 2021.

    Aksi itu membuat 20 orang mengalami luka berat dan ringan. Para korban dievakuasi ke sejumlah rumah sakit, seperti Rumah Sakit Bhayangkara, RS Pelamonia, dan RS Akademis.
     
    Polisi menyebut pelaku bom bunuh diri merupakan jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang terlibat dalam serangan Gereja di Jolo Filipina pada 2018.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id