Brigjen Prasetyo Ditegur Hakim karena Pakai Seragam Polisi

    Zaenal Arifin - 13 Oktober 2020 17:39 WIB
    Brigjen Prasetyo Ditegur Hakim karena Pakai Seragam Polisi
    Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur (Jaktim) menggelar sidang perdana pemalsuan dokumen perjalanan Djoko Tjandra pada Selasa, 13 Oktober 2020. Foto: Medcom.id/Zaenal Arifin
    Jakarta: Hakim ketua Muhammad Sirad menegur terdakwa kasus surat jalan palsu terpidana Djoko Tjandra, Brigadir Jenderal (Brigjen) Prasetyo Utomo. Hal itu lantaran Prasetyo memakai seragam polisi saat menjalani sidang.

    Agenda di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Selasa, 13 Oktober 2020, ini menjadi sidang perdana kasus pemalsuan surat jalan dengan terdakwa Djoko Tjandra, Prasetyo, dan Anita Kolopaking. Sidang digelar secara virtual. 

    "Jadi, saudara terdakwa hari ini diberi toleransi, diharapkan hari berikutnya (sidang selanjutnya), saudara dalam (mengenakan) pakaian yang tidak dengan jabatan, pakaian jabatan," ucap hakim Muhammad Sirad usai jaksa membacakan dakwaan di ruang sidang utama PN Jaktim.

    Menurut dia, seluruh warga negara mempunyai kedudukan yang sama di hadapan hukum. Untuk itu, Prasetyo diminta memakai pakaian biasa di sidang berikutnya. 

    Baca: Otak-atik Brigjen Prasetyo di Surat Jalan Palsu Djoko Tjandra

    Dalam persidangan, Brigjen Prasetyo didakwa membuat surat perjalanan palsu untuk Djoko Tjandra. Selain itu, dia terlibat dalam pembuatan surat keterangan pemeriksaan covid-19 dan surat rekomendasi kesehatan palsu untuk Djoko Tjandra.

    Pemalsuan surat ini dilakukan agar Djoko Tjandra bisa masuk ke Indonesia untuk mengajukan peninjauan kembali (PK) pada Juni 2020. Langkah hukum ini diambil agar Djoko Tjandra bebas dari kasus hak tagih Bank Bali. 

    (OGI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id