comscore

Vonis Jadi Pertimbangan KPK Usut Keterlibatan Azis Syamsuddin di DAK Lamteng

Candra Yuri Nuralam - 17 Februari 2022 13:48 WIB
Vonis Jadi Pertimbangan KPK Usut Keterlibatan Azis Syamsuddin di DAK Lamteng
Ilustrasi Medcom.id.
Jakarta: Vonis mantan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin jadi pertimbangan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengusut dugaan korupsi dana alokasi khusus (DAK) Lampung Tengah. Khususnya, menelusuri keterlibatan Azis dalam kasus tersebut.

"Tentu jika kemudian ditemukan ada peristiwa pidana korupsi dan ada cukup bukti permulaan maka kami pastikan siapapun yang bisa dipertanggungjawabkan secara hukum akan ditetapkan sebagai tersangka," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri kepada Medcom.id, Kamis, 17 Februari 2022.
Ali enggan memerinci lebih lanjut perkembangan kasus itu karena masih di tahap penyelidikan. Dia memastikan pihaknya masih mencari bukti untuk menjerat tersangka dalam kasus tersebut.

"Hingga saat ini penyelidikan masih terus dilakukan," ujar Ali.

KPK menegaskan tidak akan pandang bulu. Jika ditemukan bukti yang cukup, KPK bakal menetapkan Azis sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi DAK Lampung Tengah.

Baca: KPK Tak Mau Buru-buru Tentukan Langkah Hukum Vonis Azis Syamsuddin

Sebelumnya, Azis Syamsuddin divonis tiga tahun dan enam bulan penjara. Dia dianggap terbukti menerima suap penanganan perkara yang bergulir di KPK.
 
"Mengadili, menyatakan terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi," kata Ketua Majelis Hakim Muhammad Damis saat persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis, 17 Februari 2022.
 
Azis juga dikenakan denda pidana sebesar Rp250 juta. Bila tak mampu membayar maka diganti dengan kurungan penjara selama empat bulan.

Majelis hakim juga menjatuhkan hukuman tambahan berupa pencabutan hak politik selama empat tahun. Hukuman itu berlaku sejak Azis menjalani pidana pokok.

(JMS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id