Novel Baswedan Jadi Saksi Perkara Markus Nari

    Fachri Audhia Hafiez - 09 Oktober 2019 11:53 WIB
    Novel Baswedan Jadi Saksi Perkara Markus Nari
    Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
    Jakarta: Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan menjadi saksi dalam sidang kasus dugaan korupsi penganggaran dan pengadaan barang jasa paket penerapan KTP elektronik. Novel akan bersaksi untuk terdakwa Markus Nari.

    "Saudara siap memberikan keterangan sebagai saksi?" tanya Ketua Majelis Hakim Frangki Tambuwun di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jalan Bungur Raya, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu, 9 Oktober 2019.

    "Siap yang mulia," jawab Novel.

    Eks anggota Komisi II DPR, Miryam S Haryani, dan Jaksa Penuntut Umum pada KPK Ariawan Agustiartono juga dihadirkan sebagai saksi dalam sidang ini. Majelis hakim akan mengonfirmasi ulang keterangan ketiganya yang tertuang di dalam berita acara pemeriksaan (BAP).

    Dalam perkara ini, Markus didakwa merintangi secara langsung atau tidak langsung pemeriksaan Miryam dan eks Direktur Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan, Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, Sugiharto. Miryam dan Sugiharto merupakan terpidana kasus KTP elektronik.

    Markus disebut menerima keuntungan dari proyek itu sebesar USD1,4 juta. Perbuatan Markus diduga menguntungkan pihak lain dan korporasi. Keuntungan yang diterima yaitu berupa uang yang dihitung sebagai kerugian negara yang mencapai Rp2,3 triliun dari proyek KTP elektronik tersebut.

    Markus didakwa melanggar Pasal 21 atau Pasal 22 juncto Pasal 35 ayat (1) Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id