29 Calon Hakim Agung Lulus Seleksi Kualitas

    Insi Nantika Jelita - 07 Agustus 2019 16:35 WIB
    29 Calon Hakim Agung Lulus Seleksi Kualitas
    Ketua Bidang Rekrutmen Hakim Komisi Yudisial (KY) Aidul Fitriciada Azhari. (Foto: MI/Mohamad Irfan)
    Jakarta: Komisi Yudisial (KY) mengumumkan calon hakim agung dan ad hoc yang lolos pada tahapan seleksi kualitas. Ada 52 calon hakim yang lolos ke tahapan seleksi berikutnya, 29 di antaranya calon hakim agung.

    "KY sudah melalukan sidang pleno untuk memutuskan calon hakim agung, calon hakim ad hoc untuk tipikor dan industrial yang lulus melewati seleksi kualitas. Hasilnya ada 29 orang yang lolos untuk calon hakim agung," ujar Ketua Bidang Rekrutmen Hakim Komisi Yudisial (KY) Aidul Fitriciada Azhari di Gedung KY, Jakarta, Rabu, 7 Agustus 2019.

    Dari 52 calon hakim ini dibagi per kamar. Dari kamar pidana yang lolos tujuh orang, kamar perdata 11 orang, kamar militer empat orang, kamar agama empat orang, kamar tata usaha negara tiga orang.

    Calon hakim ad hoc hubungan industrial yang lolos ada 16 orang dan calon hakim ad hoc tindak pidana korupsi (tipikor) tujuh orang.

    "Calon hakim agung yang sudah lolos seleksi, selanjutnya dapat ikut seleksi kesehatan dan kepribadian yang akan dilakukan pada September 2019. Nantinya, juga ada tahapan penelusuran rekam jejak yang akan dilakukan selama tiga minggu," tukas Aidul.

    Aidul mengatakan proses penilaian calon hakim agung dilakukan tertutup. Identitas calon diganti dengan nomor samaran yang hanya diketahui oleh sekretariat seleksi.

    "Hasil penilaian seleksi kualitas merupakan penggabungan dari hasil penilaian karya profesi (bagi hakim agung), tes objektif, hasil karya tulis, hasil kasus dan hasil penilaian pendapat hukum dan membuat putusan," pungkas Aidul.

    (AZF)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id