Kapolri Idham Diminta Tak Ragu Keluarkan TR Kabareskrim

    Juven Martua Sitompul - 20 November 2019 16:07 WIB
    Kapolri Idham Diminta Tak Ragu Keluarkan TR Kabareskrim
    Ilustrasi Polri. Foto: Medcom.id
    Jakarta: Kapolri Jenderal Idham Azis diminta tidak ragu menggunakan hak prerogatif menetapkan Kabareskrim baru. Nama calon Kabareskrim terkuat yakni Kadiv Propam Irjen Listyo Sigit Prabowo.

    “Jika sudah memilih Kadiv Propam Irjen Sigit sebagai Kabareskrim segera keluarkan TR, sehingga tidak terjadi kebingungan di internal Polri,” kata Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane di Jakarta, Rabu, 20 November 2019.

    Neta menyebut internal Polri sedang bingung dengan kekosongan posisi Kabareskrim. Jabatan Kabareskrim dibiarkan kosong selama 20 hari, sejak Idham dilantik sebagai Tribrata satu.

    “Kalangan internal Polri mendapat informasi bahwa Presiden Jokowi dan Kapolri Idham Azis sepakat memilih Sigit sebagai Kabareskrim. Tapi anehnya hingga kini TR buat Kabareskrim tersebut belum juga dikeluarkan,” ujarnya.

    Neta mengungkapkan ada dua hal yang mengganjal Idham belum mengeluarkan TR Kabareskrim. Pertama, persoalan keyakinan. Faktor kedua, Sigit dianggap masih terlalu muda, yaitu angkatan Akpol 1991.

    Neta menilai dua hal ini seharusnya tidak menjadi ganjalan Idham menunjuk Listyo. “Contohnya Dai Bachtiar dan Tito Karnavian saat diangkat sebagai Kapolri juga dianggap masih terlalu muda tapi keduanya tetap bisa bekerja profesional,” kata dia.

    Neta meminta Komisi III DPR segera turun tangan menyelesaikan persoalan ini. Komisi III perlu memanggil Idham buat meminta penjelasan terkait kekosongan posisi Kabareskrim. 

    “Ada apa sesungguhnya di tubuh Polri setelah Idham Azis diangkat sebagai Kapolri? Berbagai pertanyaan ini harus digali Komisi III pada Kapolri Idham Azis agar kinerja Polri dalam melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat tidak terganggu dan tidak terjadi kebingungan yang berkepanjangan di internal Polri,” kata dia. 




    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id