KPK Gandeng Polisi Buru Caleg PDIP

    M Sholahadhin Azhar - 13 Januari 2020 14:14 WIB
    KPK Gandeng Polisi Buru Caleg PDIP
    Ketua KPK Firli Bahuri. Foto: Antara Foto/Aditya Pradana Putra
    Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan terus mencari keberadaan calon anggota legislatif (caleg) PDI Perjuangan Harun Masiku. Lembaga Antirasuah akan mengejar Harun meskipun berada di luar negeri.

    "Kita masih melakukan pencarian terhadap yang bersangkutan dan kita terus berupaya keras untuk menangkap yang bersangkutan. Kita sudah mekakukan komunikasi dengan pihak penegak hukum (polisi) dan pihak Imigrasi Kemenkumham," kata Ketua KPK Firli Bahuri melalui pesan singkat, Jakarta, Senin, 13 Januari 2020.

    Menurut dia, hal itu merupakan prosedur wajib yang dilakukan untuk mengejar tersangka. Polisi dan Imigrasi pun paham cara menangkap pihak yang keluar dari batas negara.

    "Jadi kita bekerja bukan karena permintaan. Prinsipnya penegakan hukum harus menghormati asas hukum, HAM, dan tidak boleh melanggar hukum itu sendiri," kata Firli.

    KPK melakukan operasi tangkap tangan terhadap Komisioner KPU Wahyu Setiawan pada Rabu, 8 Januari 2020. Wahyu diduga menerima suap untuk mengupayakan Pergantian Antarwaktu (PAW) Harun Masiku di DPR.
     
    KPK juga menyita uang Rp400 juta dalam pecahan mata uang dolar Singapura saat OTT di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. Wahyu diduga telah menerima suap Rp200 juta.
     
    Lembaga Antirasuah menetapkan empat tersangka dalam kasus ini. Wahyu dan orang kepercayaannya sekaligus mantan anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Agustiani Tio Fridelina, menjadi tersangka penerima suap.
     
    Harun Masiku dan pihak swasta, Saeful, menjadi tersangka penyuap. Saeful diduga staf di Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan. Seluruh tersangka sudah mendekam di tahanan KPK, kecuali Harun. 





    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id