Kejagung Berharap Perwakilannya Lolos Sebagai Pimpinan KPK

    Arga sumantri - 03 September 2019 18:31 WIB
    Kejagung Berharap Perwakilannya Lolos Sebagai Pimpinan KPK
    Ilustrasi KPK. Media Indonesia.
    Jakarta: Kejaksaan Agung berharap bisa menempatkan wakilnya sebagai pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kejaksaan Agung masih memiliki Johanes Tanak sebagai kandidat capim yang disetorkan kepada Presiden Joko Widodo.

    "Kita harap Johanes Tanak bisa lolos seleksi berikutnya," kata Wakil Jaksa Agung Arminsyah di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa, 3 September 2019. 

    Arminsyah mengatakan Kejaksaan Agung telah mengirimkan kader terbaik mengikuti seleksi capim KPK. Korps Adhyaksa awalnya berharap tiga kandidat bisa lolos seleksi.

    "Tapi mungkin kalau tiga enggak mungkin kan. Setidaknya dua atau sekarang satu, tinggal satu ini. Mudah-mudahan lolos," ujarnya. 

    Menurut Arminsyah, Johanes Tanak bukan sosok yang bermasalah. Johanes Tanak pantas jadi salah satu komisioner Lembaga Antirasuah. 

    "Yang kita usulkan semua tidak bermasalah. Semua, tiga-tiganya yang lolos kemarin tidak bermasalah," ujarnya. 

    Presiden Joko Widodo menyetujui 10 nama calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang diserahkan panitia seleksi. Sepuluh nama yang diterima Presiden Jokowi merupakan kandidat yang lolos dalam tes kesehatan dan uji publik. 

    Mereka yang lolos ialah Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, Kapolda Sumatra Selatan Irjen Firli Bahuri, Jaksa Johanis Tanak, auditor BPK I Nyoman Wara, hakim Nawawi Pomolango, advokat Lili Pintauli Siregar, dosen Nurul Ghufron dan Luthfi Jayadi Kurniawan, pegawai negeri sipil (PNS) Sekretariat Kabinet Roby Arya, dan PNS Kemenkeu Sigit Danang Joyo.

    Presiden akan menyerahkan 10 kandidat itu untuk mengikuti uji kepatutan dan kelayakan di DPR. DPR akan memilih lima kandidat terbaik untuk dikembalikan kepada Presiden.



    (DRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id