Firli Tegaskan Siapa pun Terlibat Kasus Ekspor Benur Akan Diperiksa

    Sri Utami - 29 November 2020 03:59 WIB
    Firli Tegaskan Siapa pun Terlibat Kasus Ekspor Benur Akan Diperiksa
    Menteri Kelautan dan Perikanan nonaktif Edhy Prabowo menjadi tersangka KPK. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
    Jakarta: Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri memastikan akan memeriksa siapa pun yang terlibat dalam kasus yang membelit Menteri Kelautan dan Perikanan nonaktif Edhy Prabowo. Penegasan itu disampaikan Firli ketika ditanya soal ekspor benur yang disebut-sebut melibatkan kader Partai Gerindra dan keluarga Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

    "Ini tidak pindana korupsi murni dan tidak ada kaitan dengan politik. Jika ada orang yang terlibat dan itu pengurus partai maka sesungguhnya kasus pidana adalah perorangan dan konsep hukum 'barang siapa' itu adalah setiap orang," ucap Firli di Gedung KPK, Jakarta, Sabtu, 28 November 2020.

    Menurut dia, dalam proses penyidikan, KPK fokus pada perbuatan pidana seseorang. Jika hal tersebut memenuhi unsur pidana atau sifat melawan hukum, proses hukum akan berjalan.

    "Yang kita minta apakah perbuatan dilakukan. Kalau betul dilakukan apakah betul memenuhi tindak pidana atau lalai ataukah memenuhi sifat melawan hukum. Jadi kami fokus pada perbuatan. Tidak ada peristiwa pidana tanpa perbuatan dan tidak ada perbuatan tanpa orang," jelas dia. 

    Baca: KPK Janji Kembangkan Kasus Korupsi Ekspor Benur

    Firli membantah telah memeriksa tersangka korupsi ekspor benih lobster Edhy Prabowo secara berlebihan. Ia mengatakan pemeriksaan terhadap politikus Gerindra itu dilakukan secara terukur dalam rangka mengungkap keterangan yang sebenarnya.

    "Tidak bisa, apakah pemeriksaan cukup hanya satu jam, dua jam, tiga jam, bukan itu. Yang paling esensial adalah keterangan yang disampaikan sesuai dengan keterangan lainnya,” jelas dia.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id