Auditor BPK Banding Vonis 7 Tahun Penjara

Damar Iradat - 13 Maret 2018 18:47 wib
Terdakwa kasus suap pemberian opini WTP kepada Kemendes PDTT,
Terdakwa kasus suap pemberian opini WTP kepada Kemendes PDTT, Rochmadi Saptogiri (kanan), menanti sidang putusan di Pengadilan Tipikor. Foto: MI/Bary Fathahilah.

Jakarta: Auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Rochmadi Saptogiri mengajukan banding atas vonis tujuh tahun yang dijatuhkan majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi. Dia tak terima dengan vonis itu.

"Pak Rochmadi mengajukan banding," kata Pengacara Rochmadi, Ainul Samsu, saat dikonfirmasi, Selasa, 13 Maret, 2018. 

Ainul belum mau membeberkan secara detail alasan kliennya mengajukan banding atas vonis tersebut. Pihaknya bakal mempelajari terlebih dulu salinan putusan tersebut. 

Menurut Ainul, seharusnya majelis hakim memvonis bebas Rochmadi. Pasalnya, kata dia, Rochmadi tidak terbukti menerima Rp240 juta dari pejabat Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). 

"Sepatutnya majelis hakim membebaskan Pak Rochmadi," papar dia. 

Baca: Eks Auditor BPK Ali Sadli Divonis Enam Tahun Bui

Rochmadi divonis bersalah pada 5 Maret 2018. Ia dijatuhi hukuman tujuh tahun penjara dan denda Rp300 juta subsider 4 bulan kurungan. 

Putusan tersebut lebih rendah dari yang dituntut oleh jaksa penuntut umum yang menuntut Rochmadi 15 tahun penjara. Dalam tuntutannya, jaksa juga mewajibkan Rochmadi membayar uang pengganti sebesar Rp200 juta.


(OGI)


BACA JUGA
BERITA LAINNYA

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.