Singapura Ikut Supervisi Deportasi Adelin Lis

    Surya Perkasa - 19 Juni 2021 19:45 WIB
    Singapura Ikut Supervisi Deportasi Adelin Lis
    Buron pembalakan liar Adelin Lis (kiri) diterbangkan ke Indonesia. Istimewa



    Jakarta: Pemulangan buron terpidana pembalakan liar Adelin Lis berkat komunikasi baik antara Indonesia dan Singapura. Singapura bahkan ikut terlibat memastikan pemulangan Adelin Lis berjalan lancar hingga Jakarta.

    "Deportasi Adelin disupervisi langsung Kejaksaan Agung Singapura," kata Duta Besar Indonesia untuk Singapura, Suryopratomo, dalam Breaking News Metro TV, Sabtu, 19 Juni 2021.

     



    Komunikasi untuk pemulangan Adelin Lis ini telah berlangsung sejak lama. Salah satunya, Direktorat Jenderal Imigrasi yang mengirimkan data pada Singapura soal paspor palsu Adelin Lis. Adelin langsung ditindak pengadilan Singapura dan diberi sanksi denda SGD14.000.

    Kejaksaan Agung (Kejagung) di Indonesia juga berkomunikasi dengan Singapura soal pemulangan Adelin. Menteri Luar Negeri (Menlu) Reno Marsudi juga berkomunikasi dengan Menlu Singapura, Vivian Balakrishnan, soal status buron Adelin Lis.

    Baca: Adelin Lis Tiba di Jakarta Malam ini 

    Saat sepakat untuk mendeportasi Adelin, Kedutaan Besar (Kedubes) Indonesia di Singapura langsung berkoordinasi dengan otoritas hukum di Tanah Air dan Singapura. Termasuk soal teknis pemulangan Adelin.

    "Kami sangat beruntung karena perintah Jaksa Agung (ST Burhanuddin) sangat jelas, meminta Adelin hanya boleh kembali diberi surat perjalanan laksana paspor (SPLP) kalau tujuannya Jakarta dan mengguakan penerbangan nasional," kata Suryopratomo.

    Adelin Lis diterbangkan dari Singapura menuju Jakarta pada pukul 18.45 WIB, Sabtu, 19 Juni 2021. Buron Kejagung itu tiba di Indonesia sekitar pukul 19.40 WIB. Adelin Lis diterbangkan dengan pesawat komersial Garuda Indonesia

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id