Panglima Didesak Ungkap Pembunuhan Anggota TNI AD

    Theofilus Ifan Sucipto - 26 Juni 2020 09:50 WIB
    Panglima Didesak Ungkap Pembunuhan Anggota TNI AD
    Anggota Komisi I DPR Willy Aditya. Medcom.id/Whisnu Mardiansyah
    Jakarta: Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto diminta mengungkap pembunuhan anggota TNI Angkatan Darat (AD), Serda Saputra. Penyelesaian harus dilakukan secara adil dan terbuka.

    "Panglima TNI saya kira harus mengungkap secara transparan karena peristiwa ini sudah melibatkan dua matra berbeda di TNI," kata anggota Komisi I DPR Willy Aditya di Jakarta, Jumat, 26 Juni 2020.

    Willy mengatakan kasus tersebut harus ditanggapi serius oleh institusi TNI. Sebab, menurut dia, kasus serupa kerap terjadi tapi tidak jelas akhir dari penyelesaiannya.

    Politikus Partai NasDem itu meminta pengusutan kasus tidak hanya menyasar pelaku pembunuhan. Namun, juga semua pihak yang bertanggung jawab.

    "Mulai dari yang memberi perintah tugas, pelaku dari TNI AL hingga dugaan orang sipil yang terlibat," ujar Willy.

    Baca: Pembunuh Anggota TNI di Baubau Ditembak Mati

    Willy menilai penuntasan ini menjadi momen menunjukkan langkah reformasi bagi institusi TNI. Publik bakal melihat apakah hal itu benar-benar dijalankan.

    Reformasi TNI, kata Willy, harus terus dievaluasi dan diperbaiki. Salah satunya kesejahteraan TNI yang harus ditingkatkan agar mental tangguh prajurit terus terjaga.

    "TNI harus disejahterakan agar semangat juang mereka terus terpelihara dan tidak dipusingkan dengan tuntutan kebutuhan dasar yang belum tercukupi," ucap dia.

    Saputra menjadi korban penusukan di depan Hotel Mercure, Jakarta Barat, pada Senin, 22 Juni 2020. Saputra tewas dengan luka tusuk di bagian dada dan punggung. Pelaku merupakan seorang prajurit marinir TNI AL.

    "Disampaikan bahwa terduga pelaku sudah ditangkap dan benar yang bersangkutan adalah prajurit marinir TNI AL," kata Kepala Dinas Penerangan TNI AL (Kadispenal) Laksamana Pertama M Zaenal di Jakarta, Selasa, 23 Juni 2020.



    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id