Direktur TV Swasta yang Buat Konten Provokasi Segera Disidang

    Siti Yona Hukmana - 15 Oktober 2021 16:23 WIB
    Direktur TV Swasta yang Buat Konten Provokasi Segera Disidang
    Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus. Medcom.id/Siti Yona Hukmana



    Jakarta: Direktur PT Bondowoso Salam Visual Nusantara Satu atau BSTV, Arief Zainurrohman (AZ), M, dan AF segera disidang. Berkas perkara tersangka penyebaran berita bohong dan fitnah melalui akun YouTube Aktual TV itu telah lengkap atau P21.

    "Yang bersangkutan sudah kita proses, sejak Agustus 2021 tempat di Sawah Raya, Jakarta Pusat. Kasus itu sudah P21 di Kejaksaan Negeri Jakpus," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat, 15 Oktober 2021.

     



    Yusri belum dapat memastikan waktu penyerahan tersangka dan barang bukti. Penyidik Polres Metro Jakarta Pusat tengah berkoordinasi dengan Kejaksaan.

    "Nanti sedang kita siapkan untuk tahap kedua penyerahan tersagka dan berkas perkara kepada jaksa penuntut umum (JPU)," ujar Yusri.

    Direktur televisi swasta yang berada di Bondowoso, Jawa Timur, itu ditangkap di Jakarta Pusat pada Agustus 2021. Arief membuat akun YouTube bernama Aktual TV dan mengunggah konten provokasi yang dapat memecah belah bangsa dan mengadu domba TNI-Polri.

    Baca: Direktur TV Swasta yang Ditangkap Buat Konten Provokasi di YouTube Aktual TV

    Arief mempekerjakan M dan AF. M berperan sebagai pengelola channel Aktual TV, editing konten, dan mengunggah konten bernada suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA). Sedangkan, AF sebagai pengisi suara atau narator konten di akun YouTube Aktual TV yang tidak terdaftar di Dewan Pers tersebut.  

    Ketiga tersangka telah ditahan. Mereka dijerat Pasal 14 ayat 1 dan 2 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) Jo Pasal 14 ayat 1 dan 2 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Berita Bohong yang Menimbulkan Keonaran. Dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id