Ini Peran 2 Teroris di Luwu Timur

    Siti Yona Hukmana - 01 Desember 2021 19:31 WIB
    Ini Peran 2 Teroris di Luwu Timur
    Ilustrasi/Medcom.id



    Jakarta: Penyidik Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap dua teroris berinisial M alias AFB, 42 dan MM alias AAM, 44 di Luwu Timur, pada 24 dan 26 November 2021. Mereka berperan menyiapkan tempat pertemuan bagi kelompok teroris jaringan Jamaah Islamiyah (JI) hingga menyembunyikan senjata api (senpi) di gorong-gorong.  

    "Jadi tersangka M ini menjadi bagian dari kelompok JI. Yang bersangkutan merupakan anggota toliyah wilayah Sulawesi, itu bertugas mempersiapkan tempat untuk pertemuan atau tempat penginapan tamu anggota kelompok yang berasal dari luar Sulawesi," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Rabu, 1 Desember 2021. 

     



    Rusdi mengatakan M juga bertugas menyimpan dan mengamankan senjata milik kelompok JI di wilayah Sulawesi. Densus 88 mencatat beberapa kegiatan tersangka M dalam jaringan teroris tersebut. 

    Menurut Rusdi, pada 2003 dan 2006 M pernah mengikuti kegiatan tadabur alam di Pulau Bulak Hulu di Teluk Bone menggunakan senjata api jenis M16. Kemudian, pada 2010 menerima satu pucuk senjata FNC dan senjata baby M16 dari teroris Reza dan Fitri, yang sudah ditangkap di Poso. 

    "Senjata api itu diberikan kepada Heri, ini telah tertangkap di Makassar. Yang mana pada 2011-2012 senpi tersebut digunakan angota JI untuk pelatihan toriq di Kolaka, Sulawesi Tenggara," kata Rusdi. 

    Baca: 2 Terduga Teroris di Luwu Timur Bertugas Mencari Lokasi Latihan Tembak

    M juga menerima paket amunisi kaliber 5,56 mm dari teroris Toha yang sudah ditangkap di Poso dan diserahkan kepada teroris Siyono untuk digunakan kegiatan tadrib (pelatihan militer) di Kolaka pada 2010. Kemudian, M berperan mecari lahan yang digunakan untuk tadrib di Kolaka serta beberapa kali mengkuti pertemuan-pertemuan yang dilakukan kelomok JI. 

    Sementara itu, tersangka MM alias AAM juga merupakan anggota toliyah JI wilayah Sulawesi. MM menyiapkan tempat penginapan bagi anggota JI yang datang ke Sulawesi dan mengamankan serta menyimpan senjata api milik kelompok JI. 
     



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id