MA Tolak Gugatan Terhadap AD/ART Tahun 2020 Partai Demokrat

    Anggi Tondi Martaon - 09 November 2021 21:50 WIB
    MA Tolak Gugatan Terhadap AD/ART Tahun 2020 Partai Demokrat
    Ilustrasi: Medcom.id



    Jakarta: Mahkamah Agung (MA) menolak gugatan terhadap Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Partai Demokrat Tahun 2020. Gugatan itu diajukan kubu Ketua Umum Demokrat Moeldoko melalui kuasa hukumnya Yusril Ihza Mahendra.

    "Menyatakan permohonan keberatan HUM (hak uji materiel) dari para pemohon tidak dapat diterima," bunyi amar putusan yang dikutip dari laman kepaniteraan.mahkamahagung.go.id, Selasa, 9 November 2021.

     



    Dalam informasi tersebut, pemohon gugatan ialah Muh Isnaini Widodo. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly menjadi termohon.

    Baca: AHY Minta Kader Demokrat Papua Barat Setia

    Majelis majelis hakim MA yang memutus gugatan, yaitu Supandi, Yodi Martono Wahyunadi, dan Is Sudaryono. Panitera pengganti gugatan ini ialah Maftuh Effendi.

    Pertimbangan hakim menolak gugatan, yaitu MA tidak berwenang memeriksa, mengadili, dan memutus objek permohonan. AD/ART tidak memenuhi unsur sebagai peraturan perundang-undangan sesuai Pasal 1 angka 2 dan Pasal 8 Undang-Undang (UU) Nomor 15 Tahun 2019 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan (PPP).

    MA menilai AD/ART partai politik (parpol) bukan norma hukum yang mengikat umum. Aturan itu hanya mengikat internal parpol yang bersangkutan.

    Parpol juga bukan lembaga negara, badan, atau lembaga yang dibentuk UU atau pemerintah atas perintah UU. Selain itu, tidak ada delegasi dari UU yang memerintahkan parpol membentuk peraturan perundang-undangan.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id