Densus 88 Dilibatkan dalam Gelar Perkara Laporan Rekening FPI

    Siti Yona Hukmana - 01 Februari 2021 12:04 WIB
    Densus 88 Dilibatkan dalam Gelar Perkara Laporan Rekening FPI
    Ilustrasi pengumpulan bukti. Medcom.id/M Rizal



    Jakarta: Penyidik Tindak Pidana Umum Bareksrim Polri akan menggelar perkara laporan hasil pemeriksaan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) terhadap 92 rekening milik Front Pembela Islam (FPI) dan pihat terkait. Gelar perkara dugaan penggunaan rekening untuk pelanggaran hukum itu melibatkan berbagai pihak.

    "Penyidik akan melibatkan teman-teman penyidik Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror ," kata Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin, 1 Februari 2021.






    Penyidik Direktorat Tindak Pidana Khusus (Dittipideksus) Polri dan analis PPATK juga bakal dilibatkan. Gelar perkara dilakukan Selasa, 2 Februari 2021.

    Gelar perkara itu dilakukan untuk menggali dugaan rekening tersebut dipakai untuk perbuatan melawan hukum. Selain itu, juga untuk menentukan ada tidaknya unsur pidana di seputar rekening FPI dan pihak terafiliasi.

    Pihak yang dilibatkan bakal menganalisis potensi rekening dipakai untuk pencucian uang, pendanaan perbuatan pidana, menerima aliran dana dari jaringan teroris, atau pelanggaran hukum lain. Saat ini, pembekuan puluhan rekening FPI dan pihak terafiliasi masih dalam tahap penyelidikan.

    Baca: Besok, Polri Gelar Perkara Laporan PPATK Terkait Rekening FPI

    Namun, kepolisian berpotensi memblokir permanen beberapa rekening tersebut. "Ditindaklanjuti penyidik Polri dengan proses pemblokiran karena adanya dugaan perbuatan melawan hukum," kata Kepala PPATK Dian Ediana Rae melalui keterangan tertulis.

    Dia tak membeberkan berapa rekening yang bakal diblokir permanen. Namun, ada 92 rekening FPI yang diblokir sementara saat proses analisis. Proses tersebut dilakukan setelah FPI ditetapkan sebagai organisasi terlarang.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id