Kapolri: Demokrasi tak Boleh Kalah dengan Kekerasan

    Ilham wibowo - 02 Juli 2018 12:34 WIB
    Kapolri: Demokrasi tak Boleh Kalah dengan Kekerasan
    Kapolri Jenderal Tito Karnavian/ANT/Akbar Nugroho Gumay
    Jakarta: Kapolri Jenderal Tito Karnavian menegaskan proses demokrasi tak boleh kalah dengan kekerasan. Kekuatan personel pengamanan telah ditambah terutama di daerah yang mendapat gangguan keamanan saat pelaksanaan Pilkada Serentak 2018, Nduga, Papua.

    "Proses demokrasi menjadi penting dan tidak boleh kalah dengan kekuatan aksi-aksi kekerasan," tegas Tito di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Senin, 2 Juli 2018.

    Pelaksanaan pencoblosan yang mestinya dilakukan serentak pada Rabu, 27 Juni 2018 sempat tertunda lantaran insiden penyerangan kelompok kriminal bersenjata (KKB). Pengawalan pun kemudian dilakukan ke kawasan Nduga dengan menghadirkan  personel tambahan.

    "Kita sudah lakukan untuk menambah pasukan, dan karena jalur udara agak sulit kita gunakan jalur laut," paparnya.

    Baca: Pelaku Penembakan Pesawat di Nduga Masih Dikejar

    Menurut Tito, Pilkada Nduga dilaksanakan Jumat, 29 Juni 2018. Proses pencoblosan berjalan mulus tanpa gangguan.

    "Alhamdulillah semua proses Pilkada di Nduga sudah 100 persen, tinggal penghitungan suara," ungkap eks Kepala Densus 88 Antiteror Polri itu.

    Tito bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menengok langsung personelnya di Papua. Perkembangan situasi keamanan dipastikan kondusif.  

    "Memang masalah utama dari 171 pilkada ada dua yang belum terlaksana karena proses dan diduga adanya kelompok bersenjata," ucap dia.

    Sebelumnya, kelompol kriminal bersenjata (KKB) menembak pesawat Trigana Air di Bandara Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua, Senin, 25 Juni 2018. Pesawat tersebut mengangkut logistik pilkada dan 15 personel Brimob Polri.

    Tiga warga sekitar Bandara Kenyam tewas, sedangkan seorang anak terluka. Aksi tersebut menyebabkan ditundanya pelaksanaan pemungutan suara di Kabupaten Nduga.

    Penembakan juga dikabarkan terjadi di sekitar Bandara Nduga, Rabu, 27 Juni 2018. KKB menembak tak terarah. Tidak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut.



    (OJE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id