comscore

Polri Pastikan Tak Ada Konflik Kepentingan Terkait Irjen Remigius di Komnas HAM

Siti Yona Hukmana - 08 Juni 2022 23:06 WIB
Polri Pastikan Tak Ada Konflik Kepentingan Terkait Irjen Remigius di Komnas HAM
Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri. Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Jakarta: Kepala Divisi Hukum (Kadivkum) Polri Irjen Remigius Sigid Tri Hardjanto lolos seleksi administrasi sebagai calon anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) periode 2022-2027. Keikutsertaan Remigius di Komnas HAM dipastikan tak mengandung konflik kepentingan.

"Enggak ada (konflik kepentingan), semuanya itu profesional," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo di Gedung DPR, Jakarta, Rabu, 8 Juni 2022.
Dedi mengatakan ada persyaratan-persyaratan yang harus ditaati semua komisioner Komnas HAM. Menurut dia, regulasi yang mengatur terkait hal itu sudah lengkap.

Terkait seleksi administrasi, kata Dedi, yang menentukan adalah panitia seleksi (pansel). Pansel telah membeberkan syarat-syarat menjadi anggota Komnas HAM.

"Calon anggota komisioner Komnas HAM itu dari unsur TNI, Polri, jaksa, hakim, dan memang orang-orang yang pengalaman tugas di bidang penegakan hukum," kata jenderal bintang dua itu.

Dedi menegaskan Remigius diperbolehkan ikut seleksi. Prosedur di Polri dipastikan akan menyesuaikan hasil akhir seleksi tersebut.

"Nanti kalau beliau misalnya terpilih, tentunya di akhir mengundurkan diri kalau belum pensiun," ujar Dedi.

Baca: Ikut Seleksi Komnas HAM, Irjen Remigius Disebut Tak Mewakili Polri

Dedi juga menegaskan keikutsertaan Remigius dalam seleksi anggota Komnas HAM itu tidak mewakili Polri. Melainkan personal.

"Karena memang itu kemauan yang bersangkutan sendiri, karena kapasitasnya dan kompetensinya yang bersangkutan yang 30 tahun berdinas sebagian besar di bidang penegakan hukum," kata Dedi.

Alasan lain Remigius tak mewakili Polri karena jenderal bintang dua itu hendak memasuki masa purna tugas. Dia pensiun 2022.

Beredar pengumuman peserta lolos seleksi calon anggota Komisi Komnas HAM periode 2022-2027, yang ditanda tangani Ketua Panitia Seleksi Calon Anggota Komnas HAM Periode 2022-2027 Makarim Wibisono pada 18 April 2022. Dalam surat tersebut, ada 96 orang yang lolos seleksi administrasi, salah satunya Irjen Remigius.

Kemudian, beberapa Komisioner Komnas HAM petahana. Yakni Beka Ulung Hapsara dan Amiruddin Al Rahab.

Peserta yang lolos seleksi administrasi akan melanjutkan ke tahapan tes tertulis objektif dan penulisan makalah. Kemudian, dialog publik, psikotes, tes kesehatan, dan wawancara.

(JMS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id