Prabowo Bentuk Tim Investigasi Usut Korupsi di ASABRI

    Whisnu Mardiansyah - 20 Januari 2020 17:58 WIB
    Prabowo Bentuk Tim Investigasi Usut Korupsi di ASABRI
    Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra
    Jakarta: Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tak tinggal diam soal dugaan korupsi di tubuh Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ASABRI). Prabowo melakukan pengusutan

    "Iya, ASABRI sudah kita bentuk tim investigasi," kata Prabowo usai rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi I DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 20 Januari 2019.

    Prabowo menjelaskan tim investigasi mengusut penurunan aset milik perusahaan asuransi pensiunan tentara itu. Tim fokus mencari solusi pengembalian aset ASABRI.

    Dia menuturkan tim sudah berjalan mengejar aset-aset yang hilang."Juga saya kira penegak hukum sudah bertindak ya kita akan tegakkan hukum lah semuanya," tegas Prabowo.

    Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menerima informasi dugaan korupsi di PT ASABRI (Persero). Dugaan penyelewengan dana asuransi itu diduga dilakukan dengan modus investasi saham gorengan.

    "Tidak kalah fantastisnya dengan kasus Jiwasraya, di atas Rp10 triliun," kata Mahfud di Jakarta, Jumat, 10 Januari 2020.

    Ia juga mengungkapkan ada dugaan penurunan aset ASABRI sekitar Rp17,4 triliun. Mahfud mengungkapkan jumlah aset yang turun lebih besar sekitar Rp17,6 triliun.

    "Itu tentu harus diperiksa," tutur dia. 

    Kasus ASABRI tengah ditangani Kepolisian. Namun, ia belum dapat memastikan permasalahan di ASABRI mirip kasus hukum PT Asuransi Jiwasraya. Ia menekankan permasalahan yang menimpa ASABRI tetap harus diperiksa.

    "Ya tergantung bagaimana nanti kasus hukumnya. Hukumnya memeriksa itu semua, tapi menurut saya harus diperiksa," ucap dia.



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id