Keppres Amnesti Baiq Nuril Sedang Diketik

    Akmal Fauzi - 26 Juli 2019 15:43 WIB
    Keppres Amnesti Baiq Nuril Sedang Diketik
    Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko - Medcom.id/Dheri Agriesta.
    Jakarta: Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyebut Presiden Joko Widodo segera mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) terkait amnesti untuk Baiq Nuril. Saat ini surat masih dalam proses. 

    "Saya pikir ada tindak lanjut, dari Senayan (DPR) sudah menyetujui. Saya pikir secepatnya akan diproses,” kata Moeldoko di Kantor Staf Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat, 26 Juli 2019. 

    Moeldoko memprediksi surat keluar pekan depan. "Mudah-mudahan (terbit Senin pekan depan). Ya mudah-mudahan. Kita lihat nanti," tutur Moeldoko. 

    Mantan Panglima TNI itu menyebut pemberian amnesti pada Nuril bentuk perhatian pemerintah pada masyarakat. Dia menegaskan pemerintah hadir untuk mereka yang mencari keadilan. 

    (Baca juga: Baiq Nuril: Terima Kasih Presiden)

    “Pemerintah selalu mendengarkan, selalu merespons berbagai hal bagi masyarakat dalam upaya menempuh keadilan. Upaya kesetaraan, dan seterusnya. Di situ negara hadir, dan ini ditunjukan Pak Jokowi,” ucap Moeldoko.

    DPR menyetujui permohonan amnesti Nuril terkait kasus pelanggaran Undang-Undang ITE. Keputusan ini ditetapkan dalam Rapat Paripurna ke-23 masa sidang 2018-2019.
     
    Wakil Ketua Komisi III DPR Erma Ranik mengatakan salah satu pertimbangan pemberian amnesti untuk asas kepastian hukum, kemanfaatan, dan keadilan. Pemberian amnesti tidak terbatas pada kasus-kasus pidana politik seperti sebelumnya.
     
    "Ketiganya harus adil secara proporsional agar hukum jadi panglima. Penting DPR memberikan pertimbangan atas permohonan amnesti Baiq Nuril," jelas Erma dalam sidang paripurna.
     
    Dengan begitu, penghapusan pidana terhadap Nuril tinggal menunggu surat Keppres dari Presiden Joko Widodo.



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id