Sindikat Global Raup Rp58,8 M dari Penipuan Transaksi Ventilator

    Siti Yona Hukmana - 07 September 2020 23:57 WIB
    Sindikat Global Raup Rp58,8 M dari Penipuan Transaksi Ventilator
    Kepala Bareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo dalam konferensi pers kasus penipuan sindikat internasional di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Senin, 7 September 2020. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana
    Jakarta: Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus (Dittipideksus) Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri mengungkap kasus peretasan email atau surat elektronik (surel) dalam transaksi perusahaan Italia, Althea SpA, dan perusahaan Tiongkok, Shenzhen Mindray Bio-Medical Electronics Co, Ltd. Althea SpA bergerak dalam bidang pengadaan ventilator dan monitor covid-19.

    "Pelaku bekerja sama antara sindikat Nigeria dan Indonesia," kata Kepala Bareskrim Polri Komisaris Jenderal (Komjen) Listyo Sigit Prabowo di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Senin, 7 September 2020. 

    Menurut dia, polisi menangkap tiga pelaku warga negara Indonesia (WNI). Mereka yakni Safril Batubara (SB), Rahudin alias Jamaludin, dan Tomi Purwanto (TP). Polisi menyita uang Rp58,8 miliar yang diduga terkait kasus ini.

    "Satu pelaku lagi yang diduga warga negara Nigeria bernama Dima alias Brother yang berperan sebagai aktor intelektual saat ini masih DPO (daftar pencarian orang)," ujar Listyo. 

    Kasus ini bermula saat Althea SpA membuat kontrak jual beli peralatan medis dengan Shenzhen Mindray Bio-Medical Electronics Co, Ltd sekitar Maret hingga Mei 2020. Perusahaan Italia itu sudah membayar beberapa kali ke Bank of China. 

    "Kemudian di pertengahan perjalanan ada seseorang yang mengaku dari GM (general manager) mengatasnamakan seolah-olah perusahaan Shenzhen Cina mengirim email (bypass) ke perusahaan Italia untuk menginformasikan perubahan rekening ke bank Indonesia," ujar Listyo. 
     

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id