Terdakwa Kasus Korupsi Jiwasraya Joko Hartono Dituntut Penjara Seumur Hidup

    Media Indonesia - 24 September 2020 21:46 WIB
    Terdakwa Kasus Korupsi Jiwasraya Joko Hartono Dituntut Penjara Seumur Hidup
    Ilustrasi Jiwasraya. MI/Ramdani
    Jakarta: Terdakwa kasus korupsi pengelolaan keuangan dan dana investasi PT Asuransi Jiwasaya (Persero) Joko Hartono Tirto dituntut hukuman penjara seumur hidup. Joko dinilai secara sah dan meyakinkan melakukan korupsi.

    "Menuntut agar majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi menjatuhkan pidana seumur hidup kepada terdakwa dengan perintah tetap ditahan," kata jaksa penuntut umum Ardito Muwardi saat membacakan tuntutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis, 24 September 2020.

    Direktur PT Maxima Integra itu dinilai melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama. Joko dinilai bersalah melanggar Pasal 2 Ayat (1) jo Pasal 18 Undang-UNdang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-UNdang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-UNdang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP.

    Joko juga dituntut pidana denda Rp1 miliar. Apabila tidak dibayar diganti kurungan penjara selama enam bulan.

    Hal-hal yang memberatkan tuntutan Joko yakni tidak mendukung program pemerintah dalam rangka penyelenggaraan negara yang bersih dari korupsi, kolusi, dan nepotisme. Selain itu, perbuatan Joko mengakibatkan kerugian negara Rp16,8 triliun.

    Joko didakwa bekerja sama dengan Komisaris PT Hanson International Benny Tjokrosaputro dan Komisaris Utama PT Trada Alam Minera Heru Hidayat. Mereka melakukan kesepakatan dengan Hendrisman Rahim, Hary Prasetyo, dan Syahmirwan (ketiganya merupakan Komite Investasi PT AJS). Kesepakatan terkait pengelolaan investasi saham dan reksa dana Jiwasraya.

    Jaksa menyebut pengelolaan tidak transparan dan tidak akuntabel. Pengelolaan tanpa analisis berdasarkan data objektif dan profesional dalam nota intern kantor pusat (NIKP).
     

    Halaman Selanjutnya
    Selain itu, Joko juga berperan…
    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id