Polisi Bantah Merekayasa Penangkapan Kurir Sabu

    Zakaria Habib - 08 November 2019 05:32 WIB
    Polisi Bantah Merekayasa Penangkapan Kurir Sabu
    Ilustrasi/Medcom.id
    Jakarta: Kapolsek Cengkareng Kompol Khoiri membantah merekayasa penangkapan seorang pemuda yang diduga terkait jaringan pengedar narkoba di kawasan Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat. Dijelaskan Khori, penangkapan tersebut bermula dari diringkusnya tersangka bernama Ujang di Perumahan Mutiara Taman Palm Blok B Cengkareng Barat.

    Setelah itu polisi melakukan pengembangan dan menangkap tersangka lain bernama Putra di Perumahan Mutiara Taman Palm Blok A Cengkareng sekira pukul 00.30 malam. Berdasarkan hasil pemeriksaan keduanya diketahui peredaran narkoba tersebut dikendalikan terpidana bernama Somin dari balik Lapas Tangerang.

    "Pada saat kedua pelaku tersebut diinterogasi, Somin menanyakan kejelasan pesanan dua gram yang sudah dipesan sebelumnya. Dan disepakati bahwa sabu tersebut akan dikirim dengan cara yang sudah biasa yaitu dengan sistem tempel, dimana tersangka Ujang tinggal mengambil di depan Toko Marmo Tegal Alur Jalan Lingkungan 3 Kali Deres, tempat biasanya," kata Kompol Khoiri, Kamis, 7 November 2019.

    Berbekal informasi tersebut, polisi menuju lokasi untuk melakukan pengecekan. Dalam perjalanan, pelaku Somin menelepon dan menginformasikan sabu pesanan dua tersangka lainnya sudah diletakkan di dalam bungkus rokok di bawah rantai pagar.

    "Pada saat Tim Narkoba observasi dengan mendekati lokasi tersebut tidak ada siapa-siapa dan hanya dilakukan pemantauan saja, dengan menunggu situasi beberapa lama dan tidak ada orang yang mendekati lokasi tersebut," sambung Khoiri

    Setelah itu petugas memutuskan memeriksa keberadaan bungkus rokok di bawah rantai pagar. Setelah diperiksa ternyata memang ada bungkus rokok yang berisi dua paket sabu.

    "Selanjutnya Tim Narkoba kembali ke lokasi depan Toko Marmo Tegal Alur untuk mengecek lagi, memastikan dan menyisir lokasi dengan tujuan mencari pelaku yang telah meletakan sabu di bawah rantai pagar suruhan Somin. Sewaktu mendekati lokasi, ada seseorang yang sedang duduk sambil memainkan hp, dan atas petunjuk tersangka Ujang bahwa orang tersebut adalah kurirnya," kata dia.

    Orang yang bernama Ade Gunawan itu kemudian diamankan dan diminta mengambil bungkusan rokok berisi sabu di bawah rantai pagar tersebut. Namun setelah dilakukan pemeriksaan intensif ternyata Ade terbukti tidak memiliki kaitan apapun dengan ketiga pelaku tersebut. Selanjutnya Ade dipulangkan ke pihak keluarga.

    "Untuk memastikan kebenaran dan tidak adanya rekayasa terhadap Ade Gunawan, dengan kesadarannya datang ke Polsek Cengkareng membuat testimoni pengakuan yang sebenarnya bahwa tidak adanya rekayasa, tekanan, dan paksaan dari penyidik Polsek Cengkareng serta tidak mempermasalahkan bahwa sebelumnya dirinya diamankan," tutup Khoiri.



    (HUS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id