comscore

Rahmat Effendi Terima Gratifikasi Pakai Nama Masjid

Candra Yuri Nuralam - 31 Mei 2022 08:17 WIB
Rahmat Effendi Terima Gratifikasi Pakai Nama Masjid
Wali Kota nonaktif Bekasi, Rahmat Effendi di KPK/Medcom.id/Candra
Jakarta: Wali Kota nonaktif Bekasi Rahmat Effendi menerima gratifikasi dari sejumlah pihak. Dia bahkan menggunakan nama Masjid Arryasakha Kota Bekasi untuk menerima gratifikasi tersebut.

"Melakukan beberapa perbuatan yang harus dipandang sebagai perbuatan yang berdiri sendiri sehingga merupakan kejahatan, menerima gratifikasi, yaitu menerima uang dengan jumlah seluruhnya sebesar Rp1.852.595.000," kata jaksa penuntut umum (JPU) pada KPK dalam surat dakwaan yang dikutip pada Selasa, 31 Mei 2022.
Masjid Arryasakha Kota Bekasi didirikan Rahmat dan keluarganya. Setidaknya, ada 17 penerimaan gratifikasi yang diterima Rahmat sejak Oktober 2021 menggunakan nama masjid itu.

Pertama, penerimaan Rp10 juta dari Sekretaris Dinas Tata Ruang Bekasi Dzikron pada 6 Oktober 2022. Uang itu disetorkan ke rekening Masjid Arryasakha usai diterima.

Lalu, Rahmat menerima Rp200 juta dari ketua Korpri Bekasi pada 11 Oktober 2021. Pemberian uang itu dilakukan secara tunai dan langsung dimasukkan ke rekening masjid.

Kemudian, penerimaan uang Rp15 juta dari Direktur BPRS Patriot Bekasi pada 19 Oktober 2021. Pemberian uang ini langsung ditransfer ke rekening masjid.

Baca: KPK Selisik Pola Pencucian Uang Rahmat Effendi

Rahmat juga menerima Rp10 juta dari Direktur PT Sinergi Patriot Bekasi secara tunai pada 12 November 2021. Uang itu juga dimasukkan ke rekening masjid.

Ketua Baznas Bekasi Ismail Hasim memberikan Rp100 juta ke Rahmat pada 22 November 2021. Uang itu diberikan dengan mentransfer ke rekening masjid.

PT Summarecon Agung Tbk memberikan Rp500 juta ke Rahmat pada 29 November 2021. PT Summarecon Agung Tbk juga memberikan uang dengan nominal yang sama ke Rahmat pada 7 Desember 2021. Uang itu langsung dikirimkan ke rekening masjid.
 

Halaman Selanjutnya
Rahmat juga menerima Rp10 juta…






Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id