comscore

Proyek Pengadaan Gorden Rumdin DPR Mesti Sesuai Perpres

Candra Yuri Nuralam - 11 Mei 2022 07:45 WIB
Proyek Pengadaan Gorden Rumdin DPR Mesti Sesuai Perpres
Ilustrasi KPK/Medcom.id/Fachri
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merespons proyek pengadaan gorden rumah dinas (rumdin) anggota DPR. Proyek itu harus patuh dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 12 Tahun 2021.

"Laporan pengadaan itu tentu harus patuh asas terkait dengan peraturan presiden," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri di Jakarta, Rabu, 11 Mei 2022.
Ali mengatakan proses pengadaan barang dan jasa harus transparan dan berdasarkan aturan yang berlaku. Transparansi dibutuhkan agar celah korupsi pengadaan gorden untuk rumah dinas wakil rakyat itu bisa ditutup.

Baca: Asal Usul Pengadaan Gorden Rumah Dinas DPR

KPK menyebut ada delapan fokus area yang rawan disusupi tindakan koruptif dalam proses pengadaan barang dan jasa. Delapan fokus area itu sudah sering disosialisasikan ke seluruh instansi, termasuk DPR.

"Kami pernah mengeluarkan surat edaran, baik titik rawan dimanasi, terjadinya tindak pidana korupsi dalam proses pengadaan barang dan jasa, seharusnya itulah harusnya menjadi pedoman," ujar Ali.

KPK berharap proyek pengadaan gorden itu tidak menjadi celah korupsi di DPR. Lembaga Antikorupsi tidak segan melakukan tindakan jika ada korupsi dalam proyek itu.

"Saya kira bagaimana kemudian, pengadaan peran dan jasa ini harus clear, harus jelas, tidak ada pihak-pihak yang kemudian memanfaatkan ya, untuk keuntungan dirinya, pribadinya ataupun kelompoknya atau pun siapa pun yang itu dilakukan dengan melawan hukum," tutur Ali.







Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id