comscore

KPK Lepas Tangan Jika Novel Baswedan Cs Pilih Gabung Polri

Candra Yuri Nuralam - 09 Desember 2021 15:34 WIB
KPK Lepas Tangan Jika Novel Baswedan Cs Pilih Gabung Polri
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata - MI/Rommy Pujianto
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) lepas tangan jika 44 mantan pegawainya memilih gabung menjadi aparatur sipil negara (ASN) Polri. Mereka semua dibebaskan untuk melangkah setelah tidak menjadi bagian dari KPK.

"Tentu kami dari sisi KPK, kami sudah selesai dengan 44 pegawai KPK yang sudah diberhentikan per 30 September 2021 ya, artinya mereka menjadi orang bebas," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis, 9 Desember 2021.
KPK juga enggan ikut campur dengan langkah Polri yang menarik mereka semua. Lembaga Antikorupsi menyerahkan seluruh kebijakan penerimaan ASN itu ke Polri.

"Kalau ada instansi yang lain ingin menggunakan tenaga mereka itu sudah menjadi hak mereka, kalau misalnya semua sudah melalui prosedur yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan," ujar Alex.

Alex juga mengatakan pihaknya tidak bisa mengomentari tentang mantan pegawai lain yang menolak bergabung dengan Polri. Menurutnya, penolakan itu hak masing-masing mantan pegawai KPK.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo merekrut 57 eks pegawai KPK menjadi ASN Polri. Namun, satu di antaranya meninggal dunia.

Baca: 44 Eks Pegawai KPK Siap Mengabdi Lewat Polri

Dari 56 yang tersisa, 44 orang bersedia menjadi ASN Polri. Sedangkan, 12 orang lainnya menolak. Polri belum membeberkan nama-nama yang bersedia menjadi ASN Polri.

Salah satunya, adalah mantan penyidik senior KPK Novel Baswedan, mantan Ketua Wadah Pegawai KPK Yudi Purnomo, dan mantan Direktur Kampanye Sosialisasi Antikorupsi KPK Giri Suprapdiono.

Ke-44 orang itu telah menjalani uji kompetensi di TNCC Mabes Polri, Jakarta Selatan pada Selasa, 7 Desember 2021. Polri dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) tengah berkoordinasi untuk penerbitan nomor induk kepegawaian (NIK) mereka.

(JMS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id