Pembekalan Antikorupsi ke KKP, KPK: Ingat Keluarga di Rumah

    Candra Yuri Nuralam - 09 Juni 2021 13:55 WIB
    Pembekalan Antikorupsi ke KKP, KPK: Ingat Keluarga di Rumah
    Komisioner KPK Alexander Marwata (kiri) dan Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono. Medcom.id/Candra Yuri Nuralam



    Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menggelar program Penguatan Antikorupsi Penyelenggara Negara Berintegritas (Paku Integritas). Kali ini, program pencegahan korupsi itu diselenggarakan bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

    Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan pembekalan antikorupsi dalam program itu menyasar keluarga. Seluruh pejabat yang datang diminta membawa istri atau suaminya.

     



    "Di akhir acara kita minta pasangan itu memakaikan jaket, dipakai oleh Ditjen, Pak Menteri (Sakti Wahyu Trenggono), sambil kita minta pasangan itu untuk membisikkan sambil mengenakan jaket itu," kata Alex di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Rabu, 9 Juni 2021.

    Alex mengatakan pihaknya meminta pasangan dari pejabat di KKP memberikan wejangan saat memasangkan jaket itu. Wejangan itu diharap bisa membuat para pejabat tidak berani melakukan korupsi saat bekerja.

    "Kalau ibu-ibu, tadi kita minta supaya ngomong 'Pak, jangan korupsi ya. Ingat keluarga di rumah. Beri contoh yang baik untuk anak-anak'," ujar Alex.

    Baca: Luhut Minta KPK Awasi Mega Proyek Infrastruktur

    Alex menilai cara itu akan membuat para pejabat di KKP berpikir dua kali saat bertemu peluang korupsi. Keluarga dipilih untuk menyampaikan pesan itu agar bisa meluluhkan hati pejabat di KKP.

    Lembaga Antikorupsi tidak ingin terjadi tindakan rasuah lagi di KKP, seperti yang menjerat mantan Menteri Edhy Prabowo. KPK menilai tindakan korupsi di KKP akan berbahaya karena instansi itu berurusan dengan pemeliharaan alam dengan area terluas di Indonesia.

    "Salah satu sumber daya alam yang memiliki potensi sangat besar untuk penerima negara kita terhadap sektor kelautan. Dari hasil-hasil ikan penangkapan ikan atau sumber daya yang lainnya," ucap Alex.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id