Tim KPK Tak Bawa Apa-apa dari Kemenag

    Cindy - 16 Maret 2019 01:55 WIB
    Tim KPK Tak Bawa Apa-apa dari Kemenag
    Suasana salah satu gedung di Kementerian Agama usai penyegelan ruang kerja Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin oleh KPK, Jumat, 15 Maret 2019. Medcom.id/Cindy.
    Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyegel beberapa ruang kerja di Kementerian Agama (Kemenag). Tim KPK tak membawa apa-apa dari Kemenag.

    "Tadi ada KPK datang sekitar pukul 18.00 WIB, (tapi) Pak Lukman (Menag Lukman Hakim) di luar kota," kata petugas keamanan yang enggan menyebutkan namanya di Kementerian Agama, Jakarta, Jumat, 15 Maret 2019.

    Petugas itu menyebut tim KPK sempat berbicara dengan beberapa pejabat Kementerian Agama di dalam gedung. Tim KPK juga tak membawa apa-apa dari dalam gedung.

    "Cuma ruangannya saja disegel," kata dia.

    Petugas itu mengatakan pengamanan di Kementerian Agama dilakukan seperti biasa. Tak ada perlakuan khusus dilakukan usai penyegelan ruangan Lukman Hakim. 

    Ia menjelaskan seluruh gedung akan dikunci pada pukul 20.00 WIB. Listrik pun akan dimatikan saat gedung dikunci. Hanya petugas kebersihan yang beraktivitas di dalam gedung. 

    Ketua Umum PPP Romahurmuziy (Romi) ditangkap KPK bersama empat orang lainnya yang terdiri dari sejumlah unsur, salah satunya pejabat Kemenag di Jawa Timur. Kelimanya diduga kuat tengah melakukan praktik kotor terkait juat beli jabatan di Kemenag.

    Dalam kasus ini, Romi diduga melakukan cawe-cawe untuk urusan jabatan di Kemenag Daerah di termasuk di Kemenag pusat. Selain menangkap kelimanya, tim KPK juga mengamankan sejumlah uang dengan pecahan seratus ribu rupiah.

    Uang itu diduga bagian suap atau fee atas pengaturan jabatan tersebut. Saat ini, mereka yang ditangkap tengah dalam perjalanan ke Jakarta untuk menjalani pemeriksaan lanjutan di Gedung KPK.

    KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum dari Romi dan keempat orang tersebut. Detail ihwal kasus ini akan diumumkan pimpinan KPK dalam konferensi pers.



    (DRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id