Jaksa Agung Sarankan Solusi Kasus Pelanggaran HAM Berat

    Sunnaholomi Halakrispen - 22 September 2018 08:32 WIB
    Jaksa Agung Sarankan Solusi Kasus Pelanggaran HAM Berat
    Jaksa Agung HM Prasetyo. Medcom.id/ Sunnaholomi Halakrispen
    Jakarta: Kasus pelanggaran hak asasi manusia (HAM) berat telah lama tidak dapat terselesaikan. Jaksa Agung HM Prasetyo pun menyatakan solusi yang ditawarkannya ialah pendekatan nonyudisial atau rekonsiliasi.

    "Semenjak saya jadi jaksa agung saya tawarkan untuk dilakukan penyelesaian dan pendekatan nonyudisial. Itu yang paling realistis," ujar Prasetyo di Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Jumat, 21 September 2018.

    Ia meyakini rekonsiliasi merupakan keputusan terbaik dan dibenarkan oleh undang-undang. Pasalnya kasus tersebut tidak terselesaikan mesti telah berganti pemerintahan, jaksa agung, bahkan Komnas HAM.

    "Jangan sampai bangsa ini tersandera oleh berbagai macam tuduhan adanya pelanggaran HAM berat masa lalu. Saya usulkan rekonsiliasi atau non yudisial karena kalau tidak namanya perkara HAM berat itu tidak ada kedaluwarsanya," ujar dia.

    Pihak kejaksaan pun telah sepakat terkait rekonsiliasi tersebut. Sementara itu apabila pihak Komnas HAM tidak sepakat, Prasetyo menekankan agar Komnas HAM dapat menyerahkan hasil penyelidikan yang lengkap agar selanjutnya dapat ditingkatkan ke tahap penyidikan.

    "Kalau enggak sepakat, tolong berikan kepada kita hasil penyelidikan yang betul-betul lengkap. Saya sering katakan bukan sekedar asumsi atau testiomoni, yang kita perlukan dalam penanganan perkara itu adalah bukti dan fakta yang tidak terbantahkan.

    Pernyataan itu diyakini Prasetyo karena kemungkinan pelaku yang dituduhkan dalam kasus pelanggaran HAM berat telah tiada. Meskipun termasuk tidak memiliki masa kedaluwarsa, kasus tersebut tetap harus dituntaskan.

    "Pemerintahan sekarang pun nanti akan ganti lagi, ditagih orang terus. Makanya harus selesai," tegas dia.



    (SCI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id