Lapas Salemba Latih Warga Binaan Menjahit dan Bersihkan AC

    Christian - 18 Februari 2021 02:55 WIB
    Lapas Salemba Latih Warga Binaan Menjahit dan Bersihkan AC
    Warga binaan Lapas Salemba, Jakarta Pusat, diberi pelatihan menjahit dan membersihkan AC. Medcom.id/Christian



    Jakarta: Puluhan warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Jakarta Pusat diberi pelatihan menjahit dan membersihkan pendingin ruangan (AC). Kegiatan tersebut digelar untuk membekali warga binaan dengan keterampilan bermanfaat.

    Kepala Lapas Klas II A Salemba, Yosafat, mengatakan pelatihan dikerjasamakan dengan Dinas Ketenagakerjaan Transmigrasi dan Energi (Nakertrans-E) DKI Jakarta. "Yang mengikuti pelatihan ada 40 warga binaan, terbagi 20 pelatihan menjahit dan 20 membersihkan AC," ucap Yosafat di Lapas Salemba, Jakarta Pusat, Rabu 17 Februari 2021.




    Yosafat menyebut pelatihan diberikan kepada warga binaan yang memenuhi sejulah kriteria. Di antaranya, berkelakuan baik dan memiliki sisa masa tahanan 2-3 tahun.

    "Nanti jika mereka bebas dari penjara, warga binaan tersebut juga akan mendapat mesin jahit. Tujuannya, mereka bisa mengembangkan kreativitas dalam menjahit," ucap Yosafat.'

    Baca: Sebagian Napi Positif Covid-19 di Lapas Sukamiskin Eks Pejabat

    Yosafat berharap pelatihan ini membuat warga binaan tidak lagi terlibat kejahatan dan menjadi masyarakat produktif saat bebas. Selain pelatihan, kreasi warga binaan seperti pembuatan sandal hotel juga terus berlangsung.

    Warga binaan juga akan mendapat bayaran dari hasil kreasi yang sudah mereka buat. Warga binaan akan mendapat bayaran untuk setiap barang yang laku dijual.

    "Intinya kita ingin warga binaan bisa berguna setelah keluar dari penjara," ujar mantan Kalapas Klas II B Sukabumi tersebut.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id