Benny Tjokrosaputro Ajukan Banding

    Media Indonesia - 28 Oktober 2020 18:01 WIB
    Benny Tjokrosaputro Ajukan Banding
    Terdakwa kasus korupsi pengelolaan investasi saham dan reksa dana PT Asuransi Jiwasraya (AJS) Persero, Benny Tjokrosaputro. ANTARA/Galih Pradipta
    Jakarta: Terdakwa kasus korupsi pengelolaan keuangan dan dana investasi PT Asuransi Jiwasraya (AJS) Benny Tjokrosaputro divonis majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta penjara seumur hidup. Dia mengajukan banding.

    Permohonan banding Komisaris PT Hanson International itu terdaftar dalam Sistem Informasi Penelusuran Perkara Pengadilan Negeri Jakarta Pusat tertanggal Selasa, 27 Oktober 2020.

    "Kami sudah ajukan banding, karena jelas semua diputuskan secara asumsi, baik perbuatannya maupun kerugian negara," kata kuasa hukum Benny, Bob Hasan, kepada Media Indonesia, Selasa, 27 Oktober 2020.

    Selain vonis pidana penjara seumur hidup, Benny juga diharuskan membayar pidana uang pengganti sebesar Rp6,078 triliun. Harta Benny akan dirampas negara jika tidak dapat membayar uang pengganti dalam waktu sebulan setelah putusan inkrah.

    Baca: 6 Terdakwa Korupsi Jiwasraya Komplet Dihukum Seumur Hidup

    SIPP PN Jakarta Pusat juga menginformasikan permohonan banding telah didaftarkan Hendrisman Rahim, Hary Prasetyo, Syahmirwan, dan Joko Hartono Tirto. Permohonan banding keempatnya telah terdaftar pada Selasa, 13 Oktober 2020.

    Sementara itu, permohonan banding dari Heru belum terdaftar di sistem informasi peradilan. Penasihat hukum Heru, Soesilo, menyebut pihaknya kemungkinan besar mengajukan banding.

    Pihaknya kecewa dengan putusan hakim yang sama dengan tuntutan jaksa. Dia menilai hakim tidak mempertimbangkan saham-saham di AJS yang masih bisa dijual.

    "Terkait kerugian negara masih ada saham-saham yang ada di Jiwasraya kemudian tidak dikurangkan sama putusan majelis itu. Nah ini yang menjadi keberatan dan kita akan ajukan banding," kata Soesilo.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id