comscore

Jaksa Dinilai Tak Punya Alasan Mengajukan Kasasi Kasus Pinangki

Tri Subarkah - 07 Juli 2021 08:37 WIB
Jaksa Dinilai Tak Punya Alasan Mengajukan Kasasi Kasus Pinangki
Jaksa Pinangki Sirna Malasari. Antara Foto/Galih Pradipta
Jakarta: Komisi Kejaksaan (Komjak) meminta masyarakat menghormati putusan banding Pengadilan Tinggi DKI Jakarta yang mengurangi hukuman Pinangki Sirna Malasari. Hukuman Pinangki dipotong dari 10 menjadi 4 tahun penjara.

"Pada tuntutan di Pengadilan Negeri kan jaksa menuntut 4 tahun, ini sudah dipenuhi hakim dan dakwaan jaksa terbukti. Kalau semua dakwaan dan tuntutan jaksa telah dipertimbangkan dan dipenuhi oleh hakim, apalagi alasan jaksa mengajukan kasasi?" kata Ketua Komisi Kejaksaan Barita Simanjuntak melalui keterangan tertulis kepada Media Indonesia, Rabu, 7 Juli 2021.
Barita mengingatkan ketentuan mengajukan kasasi berdasarkan Pasal 253 KUHAP tidak terletak pada masalah berat dan ringannya hukuman. Dalam beleid itu, permohonan kasasi dilakukan untuk menguji kebenaran penerapan peraturan hukum, cara mengadili, dan pelampauan batas wewenang pengadilan.

Baca: Dalih Jaksa Ogah Kasasi Putusan Banding Pinangki

Putusan Pengadilan Tinggi DKI terhadap Pinangki juga sesuai dengan tuntutan yang diajukan jaksa penuntut umum (JPU) di pengadilan tingkat pertama. Menurut Barita, putusan banding tidak bisa dilihat berdiri sendiri. Semua harus dipahami dari rentetan proses penyidikan dan jalannya sidang dakwaan, penuntutan, maupun putusan.

"Berdasarkan itulah sekiranya jaksa penuntut umum dalam pertimbangan dan putusan PT menemukan adanya satu dari tiga alasan tadi menurut Pasal 253 KUHAP terpenuhi wajib jaksa mengajukan kasasi," ujar Barita.

Sebelumnya, Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat Riono Budisantoso menjelaskan JPU tidak mengajukan kasasi kasus Pinangki karena putusan Pengadilan Tinggi DKI sesuai dengan tuntutan JPU. Jaksa menuntut Pinangki 4 tahun penjara saat di Pengadilan Tipikor Jakarta.

(AZF)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id