Rakernis Ditgakkum, Kakorlantas Harap Polantas Utamakan Menjalankan Tupoksi

    Juven Martua Sitompul - 06 Desember 2021 18:44 WIB
    Rakernis Ditgakkum, Kakorlantas Harap Polantas Utamakan Menjalankan Tupoksi
    Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi. Istimewa.



    Jakarta: Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi menghadiri Rakernis Direktorat Penegakan Hukum (Ditgakkum) Korlantas Polri. Firman berharap polisi lalu lintas (Polantas) dapat menjadi pengayom masyarakat.

    Rakernis ini mengangkat tema meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) personel Ditgakkum dalam mengimplementasikan program presisi pada era new normal dan persiapan pengamanan libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021.

     



    Firman mengatakan polisi harus bisa mengutamakan tindakan pencegahan seperti yang tertera dalam Undang-undang (UU) tentang kepolisian. Sehingga, tugas pokok polisi tidak hanya fokus pada hal-hal yang tidak disukai oleh masyarakat.

    "Biasanya kita berhenti hanya pada pasal-pasal tertentu saja, misalnya kewenangan saya adalah mulai memberhentikan orang, menyita, memanggil, menahan. Hal tersebut yang membuat orang tidak suka," kata Firman dalam sambutannya, di Hotel Ciputra, Jakarta, Senin, 6 Desember 2021.

    Baca: Kakorlantas Polri Pimpin Sertijab Dirgakkum dan Dirregident

    Firman mengingatkan kepada semua anggota yang hadir agar bisa menjalankan peran Polri seperti diharapkan masyarakat, yakni mengayomi, melindungi, dan melayani. Firman menekankan jajarannya untuk mengutamakan pencegahan sebagaimana amanat UU.

    "Coba dibaca lagi UU-nya sampai selesai. Tertera di situ disebutkan dalam melaksanakan tugas pokoknya Polri mengutamakan tindakan pencegahan. Ini amanat UU. Jadi apa pun yang rekan-rekan kerjakan, menegakkan hukum jangan diartikan selalu nilang orang, selalu memenjarakan orang," kata Firman.

    Rakernis Ditgakkum Korlantas Polri juga dihadiri oleh Dirgakkum Brigjen Aan Suhanan, Dirregident Brigjen Yusri Yunus, dan jajaran penegakkan hukum di bidang lalu lintas se-Indonesia. Sebelum acara dimulai, semua yang hadir mendoakan korban musibah Gunung Semeru, di Lumajang, Jawa Timur.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id