Jaksa Diminta Ikut Mengawal Anggaran Penanganan Korona

    Antara - 24 Maret 2020 23:05 WIB
    Jaksa Diminta Ikut Mengawal Anggaran Penanganan Korona
    Ilustrasi Kejaksaan Agung. Foto: Dokumentasi Media Indonesia
    Jakarta: Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin meminta para jaksa berperan dalam proses revisi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2020 dalam menghadapi penyebaran, penularan, dan penanggulangan virus korona (covid-19). Kejaksaan harus memberikan pendampingan hukum.

    "Dalam proses revisi, pengesahan, hingga penggunaan anggaran yang diperuntukkan mencegah penularan dan penanggulangan atau pengobatan pasien korona," kata Burhanuddin di Jakarta, Selasa, 24 Maret 2020.

    Burhanuddin menyatakan pendampingan hukum tersebut diharapkan membuat proses alokasi dan penggunaan anggaran kegiatan penanganan korona dapat terlaksana dengan baik. Pendampingan juga diharapkan membuat aparatur di daerah tak kebingungan dan takut mengambil  kebijakan.

    Baca: Jokowi Perintahkan Polri Kejar Debt Collector Penagih Angsuran

    Burhanuddin meminta jaksa memperhatikan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor: 210/PMK.02/2019 tanggal 31 Desember 2020 tentang Tata Cara Revisi Anggaran TA 2020. Pengawasan juga diminta mengacu Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2020 tanggal 20 Maret 2020 tentang Refocussing Anggaran serta Pengadaan Barang dan Jasa Dalam Rangka Percepatan Penanganan covid-19.

    Burhanuddin juga menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo agar setiap kegiatan pencegahan penularan dan penanggulangan korona yang dikategorikan sebagai bencana nonalam tetap diawasi kejaksaan sebagai aparat penegak hukum. Selain pendampingan hukum, pengawasan juga bisa dilakukan dengan cara represif atau penegakan hukum.

    "Jika memang terdapat penyalahgunaan atau penyimpangan anggaran yang diperuntukkan untuk penanggulangan bencana korona ini," tegasnya.

    Burhanuddin mengingatkan para kepala kejaksaan tinggi (Kajati) selalu melaksanakan aturan dalam Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Penerapan Protokol Kesehatan Penanganan Korona di lingkungan Kejaksaan. Pesan ini disampaikan saat memberikan pengarahan kepada pejabat dan asisten di Kejaksaan Tinggi seluruh Indonesia melalui telekonferensi.

    Dalam kesempatan itu, Burhanuddin juga menerima laporan dari para Kajati tentang kondisi dan situasi para pegawai di wilayah serta kondisi daerah masing-masing di tengah penyebaran virus korona.



    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id