Perantara Suap Walkot Medan Dieksekusi ke Rutan Tanjung Gusta

    Fachri Audhia Hafiez - 21 Juni 2020 13:38 WIB
    Perantara Suap Walkot Medan Dieksekusi ke Rutan Tanjung Gusta
    Ilustrasi KPK. Medcom.id/Fachri Auhdia Hafiez
    Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengeksekusi Kasubbag Protokol Bagian Umum Sekretariat Daerah Pemerintah Kota Medan, Sumatra Utara, Samsul Fitri, ke Rumah Tahanan (Rutan) Negara Tanjung Gusta, Medan. Samsul merupakan perantara suap yang menjerat Wali Kota nonaktif Medan Dzulmi Eldin.

    "Jaksa Medi Iskandar Zulkarnain selaku jaksa eksekusi KPK telah melaksanakan putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Pengadilan Negeri Medan Nomor 16/Pid.Sus-TPK/2020/PN.Mdn 4 Juni 2020 atas nama terdakwa Samsul Fitri," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK Ali Fikri di Jakarta, Minggu, 21 Juni 2020.

    Samsul divonis empat tahun penjara dan denda Rp250 juta subsider dua bulan kurungan. Ia terbukti bersalah sebagai perantara suap bagi Dzulmi.

    Peran Samsul yakni membantu mencari dana untuk menutupi kelebihan biaya perjalanan dinas Dzulmi ke Jepang. Target sasarannya yakni memalak kepala dinas di lingkungan Pemerintah Kota Medan.

    Dzulmi melalui Samsul memalak Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Medan Isa Ansyari. Sebelum memalak untuk kepentingan perjalanan dinas, Dzulmi disinyalir beberapa kali menerima uang dari Isa. Uang itu diberikan atas jasa Dzulmi yang telah mengangkat Isa sebagai kepala dinas PU.

    Dzulmi juga telah divonis bersalah oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi Medan. Ia divonis enam tahun penjara serta denda Rp500 juta subsider empat bulan kurungan.

    Hak untuk dipilih dan memilih Dzulmi dalam jabatan politik juga dicabut selama empat tahun. Perkara Dzulmi masih dalam upaya hukum banding.



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id