Terdakwa Kasus Jiwasraya Diberi Waktu Ajukan Banding

    Cindy - 13 Oktober 2020 11:10 WIB
    Terdakwa Kasus Jiwasraya Diberi Waktu Ajukan Banding
    Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Hari Setiyono di Gedung Bundar Kejagung, Jakarta Selatan. Foto: Theofilus Ifan Sucipto/Medcom.id
    Jakarta: Terdakwa kasus dugaan korupsi pada PT Asuransi Jiwasraya (Persero), Hendrisman Rahim, Hary Prasetyo, Syahmirwan, dan Joko Hartono Tirto, memiliki waktu tujuh hari untuk mengajukan banding atas vonis majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Keempat terdakwa dijatuhi vonis hukuman penjara seumur hidup dalam kasus rasuah ini.

    "Atas putusan hakim tersebut, baik jaksa penuntut umum maupun para terdakwa dan penasihat hukum menyatakan pikir-pikir selama waktu tujuh hari untuk menerima atau mengajukan upaya hukum banding," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Hari Setiyono, lewat keterangan tertulis, Selasa, 13 Oktober 2020.

    Hari mengatakan vonis yang diberikan kepada keempat terdakwa lebih berat dari tuntutan JPU. Jaksa hanya menuntut pidana penjara seumur hidup kepada Hary Prasetyo dan Joko Hartono Tirto.

    Sementara itu, JPU menuntut Hendrisman Rahim dengan hukuman 20 tahun penjara dan Syahmirwan 18 tahun penjara. "Selanjutnya jika tidak ada upaya hukum yang dilakukan oleh terdakwa maupun JPU, maka putusan hakim akan berkekuatan hukum tetap dan dapat dieksekusi," ujar Hari.

    Baca: 9 Jam Sidang, 3 Eks Petinggi Jiwasraya Divonis Seumur Hidup

    Perkara ini masih menyisakan dua terdakwa lain yang belum memasuki tahap sidang pembacaan tuntutan. Keduanya ialah Direktur Utama PT Hanson International Tbk, Benny Tjokrosaputro, dan Komisaris Utama PT Trada Alam Minera Tbk, Heru Hidayat.

    Benny dan Heru dinyatakan positif virus korona (covid-19). Jadwal persidangan menunggu kedua terdakwa sehat.

    (AZF)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id