Wadah Pegawai KPK Sampaikan Aspirasi ke Pansel

    Kautsar Widya Prabowo - 18 Juni 2019 00:29 WIB
    Wadah Pegawai KPK Sampaikan Aspirasi ke Pansel
    Lambang KPK. Foto: MI/Rommy Pujianto.
    Jakarta: Wadah Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berharap panitia seleksi (Pansel) Calon Pimpinan (Capim) KPK dapat menyaring putra dan putri terbaik di Indonesia. Salah satu caranya dapat melakukan penelusuran rekam jejak para peserta Capim KPK.

    Ketua Wadah Pegawai KPK Yudi Purnomo Harahap mengatakan penulusuran rekam jejak sangat penting untuk mengetahui ada atau tidaknya calon yang sempat tersandung kasus pidana. Terlebih jika kasus tersebut menyangkut korupsi yang sudah lama terjadi.

    "Jangan sampai nanti pimpinan KPK yang dipilih merupakan pimpinan yang punya dosa masa lalu, sehingga tidak berani melangkah karena tersandera yang mengakibatkan takut menangkapi koruptor karena kekhawatiran akan terus diungkit-ungkit," ujarnya melalui keterangan tertulis, Jakarta, Senin, 17 Juni 2019.

    Baca juga: Pansel Jamin Cegah Konflik Kepentingan Capim KPK dari Polri

    Melihat rekam jejak terhadap capim KPK menjadi amanat yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK. Bahwa pimpinan KPK tidak pernah melakukan perbuatan yang dianggap oleh hukum sebagai kejahatan pidana, pelanggaran etika profesi sebelumnya, ataupun melakukan tindakan yang tidak pantas menurut masyarakat.

    Selain itu, dalam mengetahui lebih dalam informasi terkait capim KPK, pansel dapat menggali informasi melalui media digital maupun wawancara dengan masyarkat. Namun, langkah tersebut juga harus diimbangi dengan adanya verifikasi faktual.

    "Sehingga benar-benar valid agar jangan sampai terkesan menjegal salah satu calon yang tentu saja tidak baik juga karena akan menciptakan persepsi ada calon titipan," tuturnya.

    Wadah Pegawai KPK juga mendorong agar adanya keterbukaan dalam sistem seleksi. Pansel dintutut dapat menyampaikan secara gamblang penyebab adanya pihak-pihak yang tak lolos seleksi.

    Baca juga: Pimpinan KPK Jilid V Harus Bebas Kepentingan

    Lebih lanjut, pegawai KPK juga berharap pimpinan yang terpilih memiliki keilmuan berkualitas, berintegritas serta tidak memiliki rekam jejak dalam antirasuah yang terkecil. Seperti tidak melaporkan LHKPN dan gratifikasi.

    "Seluruh masyarakat Indonesia pun berharap bahwa pimpinan KPK periode 2019-2023 merupakan orang terbaik bangsa ini yang akan memberantas korupsi tanpa pandang bulu," pungkasnya.




    (BOW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id