MUI Bantah Fatwa Haram Netflix

    Muhammad Syahrul Ramadhan - 24 Januari 2020 05:00 WIB
    MUI Bantah Fatwa Haram Netflix
    Ketua Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Hasanudin AF. Foto: Antara/ Hafidz M
    Jakarta: Majelis Ulama Indonesia angkat bicara soal fatwa Netflix haram. MUI menampik bakal menerapkan fatwa soal Netflix.

    “Komisi Fatwa MUI belum pernah membahas tentang platform digital penyedia jasa layanan konten, termasuk Netflix, apalagi menetapkan fatwa. Juga tidak ada rencana untuk membahas,” kata Ketua Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia Hasanudin AF dikutip dari Antara, Jakarta, Jumat, 24 Januari 2020.

    Hasanudin menegaskan pemberitaan MUI menetapkan fatwa Netflix haram adalah tidak benar. Untuk itu Ia meluruskan pemberitaan yang sudah terlanjur ramai di media tersebut.

    Ia menjelaskan fatwa baru bisa ditetapkan setelah adanya pertanyaan dan pengkajian mendalam mengenai masalah yang akan difatwakan. Bahkan, Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI Cholil Nafis menyebut MUI tidak ujug-ujug menetapkan jika berkaitan dengan keilmuan tertentu, tapi terlebih dahulu mendengar pandangan ahli.

    Meski belum ada fatwa terhadap perusahaan yang dulu bergerak di penjualan DVD dan beralih ke layanan streaming ini, Cholil menyebut memang sudah ada permintaan untuk MUI mengkaji soal hukum syariah layanan streaming tersebut.

    “Ada masyarakat yang bertanya pasti kita mengkaji dan mengkaji itu bisa saja fatwanya haram, bisa halal. Jadi tidak setiap yang dikaji pasti haram,” jelas dia.



    (SCI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id