Berkas Surya Anta Sudah Rampung

    Candra Yuri Nuralam - 08 Oktober 2019 17:21 WIB
    Berkas Surya Anta Sudah Rampung
    Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono. MI/Susanto.
    Jakarta: Polda Metro Jaya telah melimpahkan berkas perkara juru bicara Front Rakyat Indonesia untuk Papua Barat Surya Anta Ginting ke Kejaksaan. Pelimpahan berkas dilakukan bulan lalu.

    "Jadi berkasnya sudah maju ke penuntut umum, sudah sekitar dua minggu lalu," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Apartemen Robinson, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa 8 Oktober 2019.

    Argo berharap kejaksaan tidak mengembalikan berkas kasus Surya Anta. Sehingga perkara itu bisa segera dilanjutkan ke meja hijau.

    Kesehatan Surya Anta dikabarkan menurun. Pendeta Suarbudaya Rahadian menyebut Surya mengalami masalah pendengaran. Surya disebut harus mendapatkan perawatan di rumah sakit.

    Argo tak mau gegabah dengan kondisi Surya. Ia akan memastikan kondisi Surya sebelum memberikan izin keluar dari rumah tahanan Markas Komando Brimob, Kelapa Dua, Depok.

    "Di Mako Brimob ada dokter yang setiap hari mengecek. Jadi setiap tahanan yang ada di Mako Brimob dan Polda Metro Jaya ada dokter yang mengecek. Misalnya dia ada keluhan apa, tentu akan mengecek," ujar Argo.

    Kepolisian juga tidak ingin memanjakan tahanan dengan membebaskan memilih rumah sakit. Argo menegaskan semua tahanan hanya boleh menjalani perawatan di rumah sakit yang sudah ditentukan kepolisian. 

    "Misalnya nanti emang harus dirujuk, kita akan rujuk ke Rumah Sakit Kramat Jati, Jakarta Timur," tutur Argo.

    Surya Anta Ginting ditangkap Polda Metro Jaya dengan dugaan mengibarkan bendera bintang kejora dalam aksi unjuk rasa menuntut referendum Papua di depan Istana Merdeka, Rabu, 28 Agustus 2019. 

    Polisi juga menetapkan lima tersangka lain yakni, Dano Tabuni, Charles Cossay, Ambrosius Mulait, Isay Wenda, dan Wenebita Wasiangge. Keenam tersangka mendapat bantuan hukum dari LBH Jakarta. 



    (DRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id