ASN Diminta Bersinergi Memerangi Narkoba

    Theofilus Ifan Sucipto - 27 Juni 2020 10:49 WIB
    ASN Diminta Bersinergi Memerangi Narkoba
    Menpan RB Tjahjo Kumolo/Medcom.id/Cindy
    Jakarta: Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo memerintahkan aparatur sipil negara (ASN) memerangi narkoba. Upaya itu memerlukan kerja sama dari berbagai pihak.

    "Perlu sinergi antarinstansi pemerintah dalam pencegahan dan penanganan penyalahgunaan narkotika di aparatur negara," kata Tjahjo di Jakarta, Sabtu, 27 Juni 2020.

    Tjahjo mengatakan ASN berkontribusi dalam melayani masyarakat. Sebagai pelayan, mereka diminta menjaga integritas dan tidak terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba.

    Salah satu caranya, kata Tjahjo, adalah penandatanganan Surat Keputusan Bersama (SKB) oleh para pejabat negara. SKB itu sebagai penegasan untuk menangani maraknya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika terhadap ASN.

    Baca: Pemkot Tasikmalaya Pecat Honorer Pengedar Narkoba

    Menurut Tjahjo, terdapat delapan arahan untuk memberantas narkotika di setiap instansi. Di antaranya melakukan sosialisasi akan bahaya narkotika, melaksanakan tes urin, membentuk tim satuan tugas anti narkotika, dan menerbitkan regulasi pencegahan penyalahgunaan narkotika.

    SKB tersebut ditandatangani oleh Menteri PANRB, Menteri Dalam Negeri, Menteri Pertahanan, Menteri Kesehatan, Menteri Hukum dan HAM, Menteri Agama, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Pemuda dan Olahraga, Panglima TNI, dan Kepala Kepolisian RI. Selain itu Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

    "SKB tersebut merupakan wujud komitmen pimpinan instansi pemerintah mengingat ASN merupakan panutan bagi masyarakat," tutur mantan Menteri Dalam Negeri tersebut.

    Tjahjo berharap SKB itu menjadi panduan ASN untuk menjauhi barang haram. Apalagi, Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN telah mengatur bahwa fungsi ASN adalah perekat dan pemersatu bangsa.



    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id